Ternyata Bumbu Dapur ini Rahasia Menanam Cabai di Polybag atau Pot agar Berbuah Lebat Selebatnya dan Bebas dari Hama.

Hama pada tanaman biasanya muncul secara tiba-tiba dan membuat tumbuhan kita menjadi rusak dan akhirnya mati. Untuk mengusir perusak tanaman tersebut, ternyata ada beberapa bahan yang biasa kita temui di dapur dan bisa kita gunakan.

Segala jenis tumbuhan bisa mati karena datangnya si hama ini, biasanya hama muncul karena cuaca, atau datang dari tanaman lain. Disinfektan biasanya digunakan untuk membasmi hama yang beredar di pertanian atau perkebunan milik petani.

Namun, karena zat kimia yang terkandung dalam disinfektan ini bisa berbahaya bagi kesehatan manusia apabila tidak sengaja masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, ada cara yang lebih efektif dan aman untuk melindungi tanaman cabai dari serangan hama yaitu bumbu dapur.

Micin, Pelindung Tanaman dari Hama

Para petani pasti sudah tidak aneh mendengar bahwa bumbu penyedap rasa atau MSG, bisa dimanfaatkan sebagai obat pengusir hama. Bagi Anda yang belum tau, bumbu penyedap rasa ini bukan hanya dipergunakan ke dalam masakan tetapi juga untuk mengusir hama tanaman.

MSG ini sebaiknya diberikan kepada tumbuhan cabai yang masih sehat, maka khasiatnya tumbuhan ini akan aman dari hama. Bahkan ada beberapa manfaat lainnya yang bisa diberikan dari bumbu penyedap rasa ini.

Manfaat Micin Lainnya bagi Tanaman

Manfaat micin ini tidak hanya diperuntukkan sebagai pengusir hama, tetapi juga bisa untuk menyuburkan tumbuhan cabai, mencegahnya dari daun yang rontok, membuat akar tanaman menjadi kuat, menyuburkan tumbuhan serta meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Selain itu MSG ini bisa mencegah si pedas ini dari kekerdilan karena tumbuhan tersebut kekurangan nutrisi atau vitamin, lalu bunga cabai juga akan cepat tumbuh. Banyak sekali bukan, manfaat yang diberikan oleh bumbu penyedap rasa ini.

Jadi apabila Anda mempunyai tumbuhan cabai dan memiliki masalah yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa mencoba MSG ini untuk mengembalikan kesehatan tanaman anda. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan tanpa perlu mengeluarkan uang yang banyak.

Kandungan dari Micin yang Bermanfaat

Dengan manfaat yang bisa MSG ini berikan, sebenarnya apa saja kandungan yang terdapat di dalam MSG ini. Jadi, micin ini memiliki kandungan Natrium dan Kalium, guna kedua zat ini adalah bisa menyuburkan tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman cabai tersebut.

Kemudian Natrium yang terdapat dalam micin tersebut juga bisa merangsang pertumbuhan bunga cabai, agar lebih banyak yang tumbuh. Sehingga buahnya juga akan lebih banyak yang yang bisa dihasilkan.

Biasanya buah cabai mudah rontok dari batangnya, apabila Anda menggunakan micin maka buah cabai tersebut akan lebih kuat. Penggunaan micin pada tanaman cabai juga tidak asal-asalan, ada beberapa langka yang harus Anda ikuti agar khasiat micin bisa terjadi.

Menggunakan Micin sebagai Pembasmi Hama

Untuk menggunakan micin ini ada beberapa langkah serta takaran yang pas saat akan memberikannya. Langkah pertama adalah siapkan micin sebanyak 5 gram, kemudian larutkan ke dalam air sebanyak 1 liter dan aduk hingga larut.

Artikel Terbaru

Kemudian siram campuran air tersebut ke bagian akar tanaman cabai, jangan sampai terkena daunnya. Langkah yang berbeda apabila Anda memiliki tumbuhan cabai berumur kurang lebih 2 minggu, langkah sebelumnya hanya bisa diperuntukkan pada 4 tumbuhan cabai.

Namun, apabila tumbuhan tersebut sudah mulai berbunga hanya bisa untuk 1 tanaman cabai saja. Bila cabai yang Anda tanam sudah banyak, kalikan saja dengan tumbuhan cabai yang berusia 2 minggu tadi ketika sudah mulai berbunga.

Cabai Anda Aman dari Serangan Hama

Memiliki tanaman cabai sendiri memang menyenangkan, apalagi bisa menghemat uang karena saat ini harga si pedas ini mulai meningkat. Namun jangan sampai niat Anda untuk hemat tersebut malah menjadi rugi, karena tumbuhan cabai yang Anda pelihara menjadi layu bahkan mati.

Kegunaan micin sebagai penguat si pedas perlu Anda aplikasikan pada tanaman milik anda, karena perawatan yang murah ini bisa menghemat biaya pengeluaran tentu saja. Dibandingkan dengan disinfektan yang bisa merusak kesehatan, micin akan lebih baik untuk digunakan.

Penggunaan micin juga arus mengikuti langkah-langkah yang diberikan sebelumnya, jangan sampai karena salah langkah tumbuhan Anda menjadi layu dan tidak segar. Dan malah menjadi mengeluarkan uang berlebih karena harus membeli tanaman baru.

Related Posts