Percaya atau Tidak, Peralatan Dapur ini Kumannya Lebih Banyak Dibandingkan Dudukan Toilet Lho.

Mungkin sampai saat ini masih banyak orang yang menganggap bahwa tempat paling kotor adalah toilet. Apalagi dudukan toilet yang sering dipakai untuk buang air, baik buang air besar atau kecil.

Namun, ternyata anggapan tersebut salah total. Ternyata, peralatan dapur menjadi tempat dimana banyak kuman dan bakteri tumbuh. Cukup mengherankan, bukan? Apalagi alat tersebut dipakai untuk memasak setiap hari.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Lisa Ackerley yang mengungkapkan bahwa ada beberapa perabotan dapur lebih kotor daripada tempat dudukan toilet. Apalagi jika Anda tidak mencucinya dengan bersih.

Untuk itu, Anda sebaiknya memahami benda apa saja yang berpotensi menjadi sarang kuman. Ditambah berapa parah jika Anda tidak membersihkannya dengan benar. Berikut beberapa informasinya.

Telenan Lebih Rentan dengan Hal Kotor

Br. Lisa Ackerley mengungkapkan bahwa peralatan dapur yang paling berpotensi kotor adalah telenan. Hal ini karena telenan biasanya dipakai untuk memotong berbagai bahan, misalnya daging, ikan, atau sayur.

Apalagi jika Anda tidak mencucinya secara bersih, maka bukan tidak mungkin kuman lebih cepat berkembang biak. Bakteri seperti E. Coli atau Salmonela menjadi bakteri yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Dr. Lisa sendiri menyarankan untuk rutin mengganti telenan tersebut. Jika perlu, Anda harus menyediakan beberapa telenan sekaligus. Jadi ada telenan untuk potong daging, ada juga telenan potong sayur.

Menurutnya, tidak mengganti telenan hanya akan membahayakan diri sendiri. Bahkan, keluarga bisa menjadi korban. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan kebersihan telenan tersebut supaya keluarga lebih aman.

Telenan 200 Kali Lebih Kotor

Lebih parahnya lagi adalah, ternyata telenan 200 kali lebih kotor daripada dudukan toilet. Fakta ini jelas sangat menakutkan mengingat telanan menjadi salah satu alat dapur yang sangat penting.

Dari beberapa penelitian, dudukan toilet mengandung sekitar 61.500 bakteri setiap inchinya. Jika dihitung secara kalkulasi, maka telenan bisa mengandung 12,3 juta bakteri. Angka yang sangat besar, bukan?

Untuk itu, Dr. Lisa menyarankan kepada ibu-ibu rumah tangga mencuci bersih telenan tersebut. Meskipun hal tersebut tidak bisa membunuh semua kuman, namun setidaknya jumlahnya jauh berkurang.

Namun, untuk dapur dengan standar kebersihan rendah, maka bisa saja jumlah kuman bisa lebih tinggi. Ditambah dengan Anda tidak pernah mencuci telenan tersebut dalam waktu lama.

Artikel Terbaru

Biasanya Kuman Banyak Terdapat Pada Daging

Perlu Anda perhatikan bahwa kuman banyak terdapat pada daging. Semua jenis daging, seperti daging sapi, daging ayam, ikan, atau daging lain. Biasanya, jenis bahan makanan ini mengandung lebih banyak kuman.

Bahkan, beberapa jenis daging sering mengandung cacing pita. Seperti yang sudah diketahui, cacing pita sangat berbahaya bagi tubuh. Hal tersebut karena bisa merusak organ dalam tubuh.

Sedangkan untuk sayur, umumnya tidak terlalu banyak bakteri berbahaya. Biasanya kuman hanya dari serangga atau tungau. Jadi cukup dibersihkan dengan cara mencucinya hingga bersih untuk menghilangkan serangga.

Untuk buah-buahan juga sama. Tidak terlalu banyak kuman atau bakteri yang tersisa, baik saat Anda membelinya di supermarket atau pasar. Cukup membersihkannya dengan sabun khusus hingga bersih.

Harus Dicuci Sampai Bersih

Dr. Lisa menyarankan supaya ibu rumah tangga rutin mencuci telenan. Bukan hanya mencuci dengan air mengalir, namun pakailah sabun. Apalagi tidak semua sabun memiliki disinfektan untuk membunuh kuman.

Lebih baik Anda menggunakan semprotan khusus dari disinfektan untuk membantu membersihkan telenan. Tujuannya supaya semua jenis bakteri mati sehingga telanan aman dipakai untuk memotong sayur atau daging.

Hal yang lebih sulit adalah ketika telenan tersebut terdapat goresan-goresan. Sisa-sisa potongan daging akan tertinggal pada goresan tersebut. Hal ini membuat kuman tumbuh lebih cepat karena tempatnya cocok.

Biasanya, telenan dari kayu lebih mudah mendapatkan goresan. Oleh sebab itu, pastikan Anda membersihkan tatakan potong tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih aman dan kesehatan jauh lebih terjaga

Beberapa Kuman Sulit Mati Karena Kebal Terhadap Air dan Sabun

Perli diketahui bahwa ada beberapa jenis kuman yang sulit mati. Hal ini karena kuman mengalami mutasi sehingga kebal terhadap air sabun. Oleh sebab itu bakteri jauh lebih sulit dibersihkan.

Yang lebih mengkhawatirkan adalah ketika bakteri tersebut masuk dalam tubuh. Selain merusak organ dalam, kesehatan Anda secara terus-menerus menurun. Makanya Anda jauh lebih mudah sakit.

Fakta ini memang sangat mengejutkan banyak orang. Namun, informasi seperti ini adalah hal yang sangat penting. Terutama jika Anda ingin keluarga memilihi hidup lebih sehat.

Related Posts