Penampilan Gagah Serda Manganang dalam Sidang Pergantian Nama Jadi Aprilio Manganang

Mengharukan. Setelah hakim selesai membaca keputusan, Serda Manganang tak kuasa menahan haru hingga memeluk KSAD Jenderal Andhika Perkasa.

Akhir dari penantian Serda Manganang untuk ditetapkan sebagai pria oleh majelis hakim. Melalui serangkaian tes medis, pada hari itu Pengadilan Negeri Tondano Mihahasa Sulawesi Utara melalui hakim ketua memutuskan Sersan Dua (Serda) Aprilia Santini Manganang berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Video yang diupload oleh Kompas TV ini menghadirkan sosok Serda Manganang dan juga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andhika Perkasa beserta istri dan hakim ketua.

Pada 19 Maret 2021, Pengadilan Negeri (PN) Tondano Mihahasa Sulawesi Utara menggelar sidang perdata penetapan perubahan nama Prajurit TNI AD Serda Manganang secara daring. Selain Serda Manganang, dalam sidang online tersebut hadir juga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andhika Perkasa beserta sang istri, Hetty Andika Perkasa, dari markas besar Angkatan Darat (AD).

Sementara itu orangtua Serda Manganang dihadirkan secara online. Berdasarkan sejumlah buki dan fakta yang ada, hakim pun mengambulkan perubahan nama Serda Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Usai pembacaan keputusan oleh PN Tonano, Sulawesi Utara, Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa secara resmi menyematkan pin nama dada kepada Aprilio Perkasa Manganang.

Dari sini Serda Manganang pun terharu dan langsung memeluk Jenderal TNI Andika Perkasa dan Hetty Andika Perkasa usai Pengadilan Negeri Tondano mengesahkan identitas barunya tersebut.

Tak lupa juga Serda Manganang juga menyampaikan terimakasih kepada hakim ketua. Ucapan terimakasih juga disampaikannya kepada Andika Perkasa dan istri serta para dokter yang terus memberikan dukungan dan menguatkannya saat menjalani serangkaian tes medis.

Dalam penyampaiannya, Serda Aprilio Perkasa Manganang juga menyatakan dirinya akan fokus melanjutkan kariernya di TNI Angkatan Darat.

Sebelumnya Jenderal Andika Perkasa dan sang istri mendampingi proses pergantian nama dan identitas Serda Manganang. Keduanya juga turut menguatkan Manganang saat harus menjalani serangkaian tindakan medis.

Untuk nama penggantinya sendiri Serda Manganang bahkan meminta usulan dari KSAD Jenderal Andhika Perkasa beserta sang istri, Hetty Andika Perkasa.

Video ini dibuat oleh Kompas TV, 19 Maret 2021 dan telah ditonton 1,1 juta kali.


10 Wisata Wajib di Medan dan Sumatera Utara Yang Pantang Dilewatkan…

Selain Sumatera Barat, Sumatera Utara juga merupakan salah satu propinsi favorit yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Sumatera Utara dikenal dengan Danau Tobanya, namun bukan hanya wisata alam Danau Toba saja yang menarik untuk dikunjungi, dibeberapa tempat lainnya juga banyak wisata alam yang tersembunyi dan bisa Anda kunjungi.

Bila ada kesempatan berkunjung ke Medan, jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk menjelajahi tanah masyarakat Batak tersebut. Selain wisatanya yang menarik, Anda juga bisa mengenal lebih dekat mengenai adat dan tradisi masyarakat Batak di Sumatera Utara.

Berikut ada 10 wisata wajib di Sumatera Utara yang kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin berkunjung ke Sumatera Utara:

Danau Toba

Ini adalah wisata alam paling terkenal di Sumatera Utara. Danau terbesar di Indonesia ini sangat indah. Jika kita berlayar di tengah-tengahnya, maka tepiau danau nyaris tak terlihat seperti lautan. Airnya yang kebiruan membuat kita seolah-olah berada di tengah laut.

Di danau ini kita juga bisa bermain aneka olahraga air. Pemandangannya sangat indah. Untuk sampai ke tempat ini, Anda memerlukan waktu setengah hari dari Kota Medan. Hutan pinus dengan kondisi jalan yang menurun dan berbukit-bukit bisa kita temukan di kawasan sepanjang menuju ke Danau Toba.

Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan pulau kecil yang berada di tengah Danau Toba. Pulau ini banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang unik berada di tengah-tengah danau. Pulau ini juga menjadi pusat perbelanjaan para wisatawan.

Tips berbelanja di Pulau Samosir adalah, berbelanja lah di pedagang yang paling luar dari barisan pasar, karena jika semakin ke dalam biasanya harganya justru akan semakin mahal.

Istana Maimun

Istana Maimun merupakan objek wisata sejarah dan budaya masyarakat Melayu Deli yang ada di pusat Kota Medan. Di dalam istana ini kita bisa menemukan berbagai jenis benda-benda yang terkait dengan adat dan budaya kerajaan masyarakat Melayu Deli.

Air terjun Sipiso-piso Tongging

Sensasi wisata alam yang menantang di Sumatera Utara bisa kita temukan di Air terjun Sipiso-piso Tongging. Air terjun ini berlokasi sekitar 135 km dari Berastagi. Keindahan air terjun ini akan berpadu dengan birunya air danau toba serta rimbunan hijau pepohonan di hutan sekitar.

Di antara air terjun yang mengalir, Anda bisa menyaksikan pelangi yang indah diantara berkas cahaya matahari yang mengenai air terjun. Untuk sampai ke dasar, Anda harus menyebrangi ribuan anak tangga yang licin, benar-benar menantang.

Wisata Gunung Sibayak

Wisata gunung di Sumatera Utara yang cukup terkenal adalah wisata Gunung Sibayak. Sebelum Sinabung meletus, Gunung Sinabung juga menjadi salah satu wisata gunung yang terkenal di Sumatera Utara.

Wisata Gunung Sibayak akan menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Danau Toba yang biru dan luas bisa Anda saksikan dari pegunungan yang indah ini.

Kampung Keling

Kampung Keling atau yang biasa disebut Kampong Madras merupakan nama sebuah kawasan yang ada di Medan yang dihuni oleh penduduk India dalam jumlah yang banyak. Di sini kita bisa melihat banyak masyarakat India. Jika ingin melihat dan berkenalan dengan masyarakat India yang ada di Medan, Anda bisa mengunjungi tempat ini untuk berwisata.

Air Terjun Telaga Dua Warna

Air terjun yang unik ini berada di Sibolangit. Jaraknya sekitar dua jam saja dari Kota Medan jika ditempuh dengan motor. Di sebut telaga dua warna karena di lokasi wisata ini terdapat dua area air terjun yang berbeda warna.

Yang pertama berwarna putih dan yang kedua berwarna biru. Pemandangan di air terjun ini benar-benar indah dan sejuk. Namun untuk sampai ke sini bukan lah hal yang mudah, melewati hutan dan jalanan yang terjal.

Brastagi

Jika ingin mendapatkan banyak buah dan tanaman segar dengan harga yang murah, datang lah ke Brastagi. Di sini dikenal dengan lokasi yang suhunya sangat dingin. Ada banyak villa dan penginapan di tempat ini. Brastagi dapat ditempuh dalam waktu setengah hari dari arah kota Medan.

Bukit Lawang

Wisata Bukit Lawang menampilkan hutan Sumatera yang liar. Di hutan ini banyak ditemukan orang hutan yang menjadi sajian utama wisata Bukit Lawang. Para pecinta alam banyak menjadikan tempat ini sebagai area penjelajahan.

Danau Lau Kawar

Danau ini berada di Brastagi. Danau ini dianggap mistis oleh masyarakat sekitar. Siapa yang mandi di danau ini akan hilang. Namun demikian pemandangan di sekitar danau ini sangat indah. Cocok dijadikan sebagai lokasi kemping.

Yuk jalan-jalan ke Sumatera Utara, masih banyak lagi tempat wisata menarik di propinsi ini karena Sumatera Utara termasuk salah satu lokasi wisata favorit di Pulau Sumatera.