Pedagang Sayur Berbahasa Indonesia & Jawa di Afrika (Gabon)

Mengesankan, melihat suasana negara Gabon di Afrika yang ternyata bisa dijumpai orang Indonesia dan beberapa pedagang lokal dengan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.

Maulana Rahman yang hidup di Gabon, Afrika mencoba memperlihatkan beberapa suasana kehidupan di sana. Dari berbelanja dengan pedagang dari Indonesia dan juga pedagang lokal hingga mengunjungi musholla serta suasana naik bus, semuanya menarik untuk diikuti.

Vlog atau Video yang diupload NOMADPROSTORY ini menghadirkan Maulana Rahman yang hidup dan tinggal di Gabon, Afrika.

Hal pertama yang coba diperlihatkan Maulana di Gabon yaitu keadaan pasar. Menariknya di pasar ini dijumpai para pedagang dari Indonesia yang sudah pasti lancar berbahasa nasional dan juga berbahasa Jawa.

Selain itu di pasar ini Maulana juga menunjukkan pedagang lokal yang juga bisa berbahasa Indonesia meski hanya sebatas hitungan dan kata ‘terimakasih’. Di pedagang lokal ini Maulana membeli 4 alpukat di mana satu harga alpukatnya yaitu 500 XFA atau setara 12 ribu IDR.

Di pasar Gabon ini juga dijumpai beraneka ragam sayuran seperti bayam, tomat, paprika, wortel, bawang, dan lainnya. Suasana yang ramai para pembeli di pasar juga terihat dari apa yang dibagikan oleh Maulana.

Oleh pedagang dari Indonesia di sana, Maulana dibilang tambah gemuk. Di pasar ini Maulana hanya membeli alpukat karena sayur-mayur sudah dibeli para pemasak.

Saat tiba waktu dzuhur, Maulana mengajak untuk melihat suasana musholla di Gabon. Suasana sekitar terlihat hanya ditumbuhi beberapa pohon pisang serta suasana lingkungan yang masih sangat alami dengan suara burung berkicau.

Maulana juga memperlihatkan sebuah toilet dan sumur yang sangat dalam airnya. Kemudian Maulana melihat air di dalam musholla yang ternyata didapati masih ada. Untuk berwudlu, Maulana harus mengambil air dari tong untuk dimasukkan dulu ke teko yang sudah disediakan. Dari teko inilah kemudian Maulana berwudlu.

Tidak ketinggalan pula diperlihatkan suasana di dalam musholla yang masih sangat sederhana. Dilain kesempatan Maulana juga memperlihatkan suasana dalam bus perusahaan menuju pulang. Meski dalam bus ini Maulana adalah satu-satunya orang Indonesia, tak membuat dirinya tak bersosialisasi dengan warga lokal.

YouTube video

Video ini dibuat oleh NOMADPROSTORY, 17 Juli 2019, dan telah ditonton 2,6 juta kali.


10 Wisata Wajib di Jakarta yang Perlu Anda Kunjungi

Jakarta sebagai kota metropolitan menjadi salah satu kota tujuan terfavorit di Pulau Jawa oleh masyarakat luar Pulau Jawa. Jakarta menjadi tempat yang dianggap sebagai pusatnya kemoderenan dan berbagai kehidupan kota yang mewah dan megah, sehingga tak jarang orang beramai-ramai datang dari kampung untuk mengadu nasib di Jakarta.

Meskipun Jakarta memiliki banyak permasalahan seperti macet dan banjir, namun di beberapa kawasan di ibu kota ini juga menjadi salah satu lokasi tujuan wisata favorit yang banyak diminati orang. Meskipun untuk jenis wisata alam, Jakarta tidak memiliki sebanyak yang dimiliki daerah lainnya di Pulau Jawa.

Jika ada waktu tingga lebih lama di Jakarta, berikut ini kami rekomendasikan 10 wisata wajib di Jakarta yang harus Anda kunjungi:

Taman Mini Indonesia Indah

Jika ingin melihat miniatur Indonesia secara lebih dekat, maka berkunjunglah ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Lokasi wisata ini sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu icon wisata dari Jakarta khususnya dan Indonesia secara umum. Karena di sini memang wahana yang lengkap untuk bisa mengenal berbagai adat budaya dan symbol-simbol adat dari seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Taman Impian Jaya Ancol

Wisata ancol juga menjadi salah satu wisata paling popular di Jakarta. Di sini terdapat dunia fantasi yang menjadi salah satu tujuan favorit para pengunjung. Belum ke Jakarta jika Anda belum pernah singgah di objek wisata yang sangat popular tersebut. Musim liburan merupakan waktu paling ramai tempat wisata ini dikunjungi wisatawan.

Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas merupakan bangunan monumen yang tinggi menjulang dengan di bagian atasnya terdapat emas mulia. Monas Jakarta adalah tempat tujuan wisata favorit karena letaknya yang berada di tengah Kota Jakarta.

Di bagian bawah bangunan monas, terdapat museum yang berisi berbagai peninggalan sejarah perjuangan Indonesia di era penjajah. Dengan menggunakan lift kita akan bisa sampai di puncak dan menyaksikan keindahan Kota Jakarta menggunakan teropong.

Taman Margasatwa Ragunan

Inilah kebun binatang pertama di Indonesia. Kawasan kebun binatang seluas 147 hektar ini berada di Jakarta Selatan. Di sini kita bisa menyaksikan berbagai spesies hewan dilindungi dan langka.

Kepulauan Seribu

Meskipun Jakarta dikenal sebagai Kota Metropolitan, namun kota ini tetap memiliki wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Kepulauan Seribu. Gugusan pulau di teluk Jakarta ini memiliki luas 108.000 hektar.

Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu dari bagian gugusan pulau dari Kepulauan Seribu. Pulau Tidung menghadirkan pantai pasir yang putih, air laut yang biru dan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Tempat ini banyak dijadikan tempat tujuan wisata oleh warga Jakarta sendiri.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari tak jauh lokasinya dari Ancol. Di pulau ini Anda bisa menyaksikan suasana keindahan alam yang sangat eksotik. Pantai dengan pasir yang putih dan air laut yang biru merupakan pesona tak terlupakan yang akan kita temukan di Pulau Bidadari.

Kota Tua Jakarta

Sebagai salah satu kota perjuangan, Jakarta menyimpan lokasi wisata yang memberikan bukti-bukti sejarah akan perjuangan bangsa Indonesia di tempu dulu. Salah satu yang bisa kita saksikan adalah Kota Tua Jakarta.

Lokasi wisata Kota Tua Jakarta tersebut menyajikan segala bentuk mulai dari bangunan, kendaraan dan berbagai isi dari bangunan yang memiliki nilai sejarah. Lokasi wisata ini merupakan tempat para fotografer untuk menujukkan kemampuannya dalam memotret. Para wisatawan pun pada umumnya asyik berfoto di tempat ini.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Salah satu pelabuhan yang sudah cukup tua dan dijadikan sebagai lokasi wisata di Jakarta adalah Pelabuhan Sunda Kelapa. Di tempat ini kita bisa menyaksikan kapal-kapal yang terbuat dari kayu berjejer. Dari tempat ini jugan kita bisa menuju ke museum bahari dengan berjalan kaki. Menikmati suasana alam dipadukan dengan suasana sejarah ibu kota bisa Anda nikmati di tempat wisata ini.

Pulau Semak Daun

Lokasi Pulau Semak Daun merupakan bagian dari rumpun Kepulauan Seribu. Pulau ini tidak berpenghuni. Namun pulau ini banyak dijadikan sebagai lokasi kemping para pengunjung sebelum mereka mengunjungi pulau-pulau yang lainnya. Pulau ini sangat indah dan sangat cocok dikunjungi di musim liburan.

Yuk jalan-jalan ke ibu kota……

Bukan hanya kemegahan Kota Jakarta yang bisa Anda nikmati, namun juga wisata alamnya yang cukup menarik. Jika ingin belanja grosiran, maka Tanah Abang menjadi pilihan. Kuliner khas Jakarta juga bisa Anda temukan dalam berbagai rasa. Keindahan wisata di Jakarta akan sedikit menghibur kebosanan suasana macet di Jakarta itu sendiri.

Related Posts