Tidak dipakai Negeri Sendiri, Penelitian Siswa SMA ini Malah Bikin Google Bertekuk Lutut

Tahukah anda, bahwa sudah banyak penemuan yang dilakukan oleh orang Indonesia dan berpengaruh hingga ke seluruh dunia. Sungguh menyedihkan bahwa penemuan tersebut, kurang didukung oleh pemerintah Indonesia sendiri.

YouTube video

Apresiasi yang diberikan oleh pemerintah luar negeri, nyatanya lebih banyak diberikan daripada negara kita sendiri. Beberapa penemuan tersebut, sangat bermanfaat sebetulnya terhadap kemajuan teknologi di Indonesia.

Dilansir melalui akun Youtube ‘Daftar Populer’ yang sudah menarik perhatian penontonnya hingga lebih dari 1 juta penonton. Video yang diupload pada tanggal 29 Maret 2021 ini, sudah mendapat 33 ribu tombol likes.

Penelitian Karya Anak Bangsa yang Disikat Negara Lain

Electro Capacitive Cancer Theraphy, Penelitian ini ditemukan pertama kali oleh Warsito Taruno, ia merasa bahwa negara Indonesia memiliki risiko tinggi terhadap kanker. Sehingga dari kekhawatirannya itu, ia menciptakan alat penyembuh kanker bernama ECCT atau Electro Capacitive Cancer Theraphy.

Alat ini bekerja menggunakan energi listrik voltase rendah, sehingga tidak berbahaya bagi manusia dan hanya menyerang sel kanker. Namun penelitiannya tersebut, tidak bisa diedarkan di dalam negeri karena keamanannya belum bisa dipastikan.

Jadi untuk mempublikasikannya, ia meminta bantuan pihak lain. Lalu pihak dari negara Singapura mau membantu Warsito dengan syarat hak edar ECCT dimiliki oleh Singapura, lalu Warsito setuju akan hal itu.

Kompor Biomassa, penelitian cemerlang lainnya ditemukan oleh Nurhuda, seorang dosen di salah satu universitas Malang. Bahan bakar ramah lingkungan yang bernama Biomassa, diciptakan untuk menghentikan ketergantungan masyarakat akan kompor gas elpiji.

Bahan bakarnya berasal dari cacahan kayu jenis apapun, yang harusnya sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal dikelilingi pepohonan. Tidak diliput atau dipasarkan di Indonesia, negara Norwegia malah memproduksi secara masal kompor tersebut untuk menekan ketergantungan bahan bakar fosil.  

Mobil Selo, pengembangan mobil listrik di Indonesia oleh Ricky Elson, ditemukan tahun 2013 yang kabarnya akan naik produksi tahun 2015. Namun sampai sekarang pun belum diproduksi, oleh pemerintah negara kita sendiri.

Dan ternyata Selo dinyatakan tidak lulus ujian emisi dan dinyatakan tidak layak produksi, karena belum dipastikan keamanannya. Lalu beredar kabar bahwa negara Malaysia akan membeli mobil Selo ini

Kompresi Data, Christopher kusuma, anak SMA ini menarik perhatian Google karena kemampuannya untuk meminimalkan ukuran data. Awalnya Christopher mendownload game dengan ukuran besar dan sering kehabisan kuota, lalu ia berpikir bagaimana kalau ukuran data diperkecil.

Karena penelitian membutuhkan data, mulailah ia membuat proposal untuk meminta dana atas penelitiannya tersebut. Penelitiannya banyak ditolak di perusahaan indonesia, hingga akhirnya malah Google yang mengundang anak ini untuk mempresentasikan hasil karyanya.

Artikel Terbaru

Sinyal 4G, ternyata konsep dasar dari sinyal 4G ini ditemukan oleh Khoirul Anwar, mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Jepang ini mengawali penelitian bernama Double Square Waves Fourier Transform.

Yang menjadi dasar konsep 4G, namun sayangnya Indonesia tidak sadar akan kemampuan anak bangsanya, sehingga didahului oleh negara lain.

Diskripsi : Tahukah anda, bahwa sudah banyak penemuan yang dilakukan oleh orang Indonesia dan berpengaruh hingga ke seluruh dunia.

Pembuat video : Daftar Populer. Tanggal penerbitan : 29 Maret 2021


10 Wisata Alam Super Indah di Sumatera

Pulau Sumatera di beberapa kawasan memiliki daerah gunung dan pesisir pantai sehingga di beberapa tempat kita bisa menemukan objek-objek wisata menarik di pulau ini. Wisata alam di Sumatera juga banyak kita temukan dalam bentuk cagar alam hutan yang melindungi banyak flaura dan fauna langka.

Beberapa cagar alam tersebut cukup tersohor karena memiliki berbagai spesies langka yang dilindungi. Meskipun tak sebanyak di Pulau Jawa, wisata alam di Pulau Sumatera cukup mempesona. Salah satu alasannya karena di pulau ini sangat kaya dengan nilai-nilai budaya yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung wisatawan.

Propinsi Kepulauan Riau misalnya, dengan kekayaan alam laut dan bawah laut yang sangat terkenal, merupakan salah satu pusat kebudayaan melayu yang ramai dikunjungi masyarakat negeri tetangga.

Nah berikut ini beberapa tempat wisata alam di Sumatera yang bisa Anda kunjungi:

Danau Maninjau Sumatera Barat

Danau yang cukup luas dengan air tenang kehijauan adalah pesona khas Danau Maninjau di Sumatera Barat. Selain Danau Maninjau, di propinsi ini juga memiliki Danau Singkarak yang juga cukup terkenal. Jika ingin melihat keindahan alam Sumatera Barat dilengkapi dengan kebudayaan Minang yang sangat kental, maka berkunjung lah ke Danau Maninjau.

Lembah Arau, Sumatera Barat

Sumatera Barat juga memiliki banyak air terjun indah yang ramai dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah air terjun lembah arau. Lokasinya cukup unik, yakni di tepi jalan. Di sini terdapat aliran air terjun yang deras dan ramai dijadikan sebagai tempat pemandian oleh para pengunjung.

Wisata alam ombak Bono, Riau

Riau dikenal memiliki wisata alam yang mendunia, yakni wisata alam ombak bono. Bono merupakan fenomena alam dimana tempat pertemuan antara arus air tawar dan air laut menghasilan satu momentum gelombang yang terjadi di air tawar. Tempat ini berada di Pelalawan, Riau dan merupakan salah satu objek wisata alam yang banyak dikunjungi turis peselancar dari luar negara.

Air Terjun Bidadari, Lahat Sumatera Selatan

Sumatera Selatan juga memiliki banyak wisata alam yang bisa dikunjungi. Wisata air terjun bisa ditemukan di beberapa tempat di propinsi ini, diantaranya adalah air terjun bidadari, air terjun temam, air terjun bedegung, air terjun lematang dan sebagainya. Tempat wisata sejarah juga banyak di propinsi ini seperti Jembatan Ampera yang cukup terkenal.

Gunung Sibayak, Sumatera Utara

Wisata gunung yang cukup indah bisa Anda temukan di tanah karo Sumatera Utara. Gunung Sibayak merupakan lokasi pertanian yang subur dengan pemandangan alam yang sangat indah. Kesegaran udara di kawasan ini sangat terasa, berbagai wisata disediakan di tempat ini seperti wisata berkuda, wisata sejarah dan sebagainya.

Danau Toba, Sumatera Utara

Salah satu wisata alam di Sumatera yang sudah mendunia adalah Danau Toba. Orang sering menyebut istilah Toba sebagai kepanjangan dari Tanah Orang Batak Asli. Karena memang mayoritas masyarakat yang mendiami tempat ini adalah masyarakat Batak.

Di tengah-tengah danau yang biru warnanya juga ditemukan pulau wisata yang sangat terkenal yakni Pulau Samosir. Di sini para pengunjung bisa berbelanja sambil menikmati berbagai wisata sejarah seperti makam para raja.

Taman Nasional Bukit Barisan

Di Lampung cukup banyak ditemukan tempat wisata alam dalam bentuk taman nasional. Salah satunya adalah Taman Nasional Bukit Barisan yang cukup terkenal. Di sini merupakan cagar alam tempat melindungi spesies flora dan fauna.

Beberapa taman nasional lain yang ada di Lampung diantaranya adalah Taman Purbakala Pugung Raharjo, Taman Nasional Way Kambas dan Taman Wisata Lembah Hijau.

Pantai Selat Baru, Kepulauan Riau

Jika ingin menikmati wisata pantai terbaik di Sumatera, maka berkunjung lah ke Propinsi Kepulauan Riau. Di sini bukan hanya akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, namun juga wisata kuliner seafood yang sangat lezat.

Tak hanya itu, di sini kita juga bisa menemukan kekayaan khazanah budaya Melayu. Pantai Selat Baru merupakan salah satu pantai yang terkenal di Kepulauan Riau.

Pantai Batu Batu Bertupang, Aceh

Aceh juga memiliki banyak wisata pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Batu Batu Bertupang. Pantai yang indah lainnya adalah Pantai Lampuuk, Pantai Terong, Pantai Kuala Parek dan Pantai Pasir Saka.

Pantai Panjang, Bengkulu

Wisata pantai juga bisa kita temukan di Bengkulu. Di propinsin ini juga memiliki wisata alam menarik lainnya seperti Danau Harum Bestari, Air Terjun Kepala Siring dan sebagainya.

Yuk berkunjung ke Sumatera, pulau yang kaya dengan berbagai khazanah budaya yang beragam.

Salah satu keistimewaan Sumatera adalah dikenal dengan budaya Melayu yang masih cukup kental dirasakan di berbagai segi kehidupan.

Related Posts