Naik Bus Sultan, Jogja – Bali 18 Jam Tiduran di Bus Sleeper

YouTube video

Ini dia fasilitas dari bus suites class yang melakukan perjalanan Jogja-Bali. Menariknya, ada dua tipe suites yang tersedia dan dibagi pada kursi atas serta bawah.

Lihat semua fasilitas interior dalam bus, terlihat ada 2 tipe, yaitu VIP Suites dan Suites, sementara Kelas VIP Suites berada di bagian terdepan dek.

Video ini sendiri di upload oleh Channel Youtube Ahmad Wildani yang sudah memiliki 330 ribu subscriber.

Fasilitas yang ada di Sultan Suites Class

Fasilitas dari setiap kelas pada dasarnya tidak terlalu berbeda jauh. Kelas VIP dan yang tidak hanya dibedakan dari lebar lightroom. Namun, kelas VIP hanya ada 4 kursi saja.

Fasilitas lain berupa layar LCD yang bisa Anda pakai untuk menonton film serta mendengarkan musik. Namun, perlu diperhatikan jika ingin menonton film maka harus membawa flashdrive sendiri.

Ada perbedaan antara dek atas dan dek bawah. Dek bawah lebih nyaman karena tidak terlalu menimbulkan goncangan. Sedangkan dek bawah sedikit mengalami goncangan, terutama jika melewati jalan yang tidak rata

Di bagian samping, ada beberapa fasilitas pendukung seperti port USB Charger dan tempat botol minum. Perlu diperhatikan bahwa port USB Sharger ini hanya berlaku untuk mengisi daya baterai HP saja.

Untuk melindungi privasi setiap penumpang, bus ini juga menyediakan korden kanan kiri. Di bagian jendela terdapat korden untuk melindungi penumpang dari panas matahari. Sedangkan sampingnya untuk melindungi dari penumpang lain.

Menariknya, saat perjalanan hanya ada 3 penumpang. Menurut agen bus juga disebutkan ada atau tidak penumpang tetap akan melakukan perjalanan.

Hingga artikel ini ditulis, video tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari 5 juta kali. Selain itu, sudah ada 52 ribu tombol like dari para penonton.

Video yang di unggah pada 28 Februari 2020 ini kemudian menarik banyak perhatian netizen. Apalagi, fasilitas mewahnya yang hanya bisa dibeli dengan harga cukup terjangkau.

Channel Youtube Ahmad Wildani sendiri memang sering mengunggah video tentang bus. Tidak heran jika banyak netizen menjadikan Ahmad Wildani sebagai salah satu rekomendasi memilih bus.


Tips Memasak Enak ala Chef

Memasak adalah kegiatan sehari-hari yang tidak semua orang mau melakukannya. Entah karena tidak ada waktu atau karena memasak dianggap ribet. Banyak yang memilih untuk membeli makanan di luar untuk memenuhi selera dan mengisi perut mereka.

Namun, pilihan tentu akan berbeda jika kita sedang berada di masa pandemi seperti sekarang ini. Demi keamanan keluarga dan keamanan pundi-pundi tabungan Anda, Anda mau tidak mau harus mencoba turun ke dapur.

Anda tidak perlu mengharuskan diri Anda memasak sesuatu yang ribet. Mulailah dulu dengan memasak makanan yang simpel. Untuk resep, Anda bisa menemukannya di media sosial Anda atau bertanya pada orang terdekat. Banyak kok resep praktis yang bisa Anda recook. Tapi sebelum itu, ada tips dan trik dasar yang harus Anda tahu.

Tips Memasak
source: unsplash

10 Trik dasar memasak yang mudah

Ada beberapa trik yang membuat aktivitas memasak menjadi lebih mudah dan cepat. Berikut ini triknya, yuk disimak!

Mencuci sayuran

Menggunakan saringan saat mencuci buah dan sayuran bisa membantu mempercepat proses pencucian karena air sisa cucian langsung mengalir melalui lubang saringan.

Didihkan air dahulu sebelum memasak

Masakan berkuah atau aneka masakan yang harus direbus dahulu pasti membutuhkan waktu lebih lama. Hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersingkat waktu memasak adalah menyalakan kompor dan mendidihkan air terlebih dahulu. Sambil menunggu waktu didih, Anda bisa menyiapkan bahan masakan yang lain.

Memotong bahan secara bersamaan

Jika Anda ingin menumis sayuran dengan bumbu yang dicincang kasar, tentu memotong bawang merah, bawang putih, jahe dan bahan lain menghabiskan waktu Anda. Jangan khawatir, Anda bisa memotong semua bahan tersebut secara bersamaan dengan menggunakan pisau besar di atas talenan. Hal ini bisa Anda terapkan juga untuk memotong sayuran sejenis seperti sawi, daun kol, kacang panjang dan lainnya dengan ukuran yang sama.

Menggunting sayuran

Memotong sayuran dengan pisau membutuhkan waktu lebih lama. Untuk mengefektifkan waktu, Anda bisa menggunakan gunting dalam memotong sayuran tersebut.

Memarut sayuran

Membuat isian pastel, telur dadar, tahu isi menuntut Anda untuk memotong sayuran dengan ukuran kecil dan tipis. Nah cara tercepat adalah dengan menggunakan parutan sehingga aneka potongan dari sayur tersebut selesai dalam waktu singkat.

Menggunakan sayuran frozen

Cuaca dingin memang sangat pas untuk menyantap sup hangat. Sayuran frozen bisa langsung Anda masukkan ke dalam kuah sup yang sudah Anda siapkan sebelumnya sehingga lebih praktis buat Anda tanpa harus mencuci dan memotong sayuran terlebih dahulu.

Memarut keju dengan rapi

Anda penyuka keju pasti ingin memarut keju dengan rapi. Apalagi jika toping keju tersebut akan dihidangkan pada orang tercinta atau tamu yang datang. Parutan keju yang rapi bisa Anda dapatkan jika keju disimpan dahulu dalam kulkas sehingga tekstur keju yang lebih padat memudahkan Anda dalam memarutnya.

Memasak daging

Daging memerlukan waktu lebih lama untuk matang sempurna sehingga memotong daging dengan ukuran lebih kecil dan atau tipis bisa menghemat waktu Anda.

Mengupas kentang

Anda bisa mengupas kentang dengan mudah dengan cara mengiris tipis kulit kentang sebagian secara melingkar. Kemudian, kentang direbus selama 5 menit, diangkat dan dimasukkan ke dalam air dingin beberapa saat. Setelah itu Anda bisa mengupas kulit kentang secara keseluruhan dengan mudah.

Membuat alpukat cepat matang

Sering kali alpukat dijual dalam keadaan mentah. Untuk membuatnya matang secara cepat, Anda bisa menaruh alpukat di dekat apel. Alpukat akan cepat matang karena pengaruh asam yang dihasilkan buah apel.

10 Tips memasak yang gampang dan cepat

Jangan bilang memasak itu susah sebelum mencobanya. Tips dasar ini bisa kamu terapkan untuk mendapatkan hasil masakan yang enak di lidah, antara lain:

Menanak nasi

Jika Anda memiliki rice cooker, memasak nasi sangatlah mudah. Coba cek juga bagaimana slow cooker bekerja.. Coba cek juga bagaimana slow cooker bekerja.. Anda cukup mencuci beras dan menambahkan air 1 ruas jari telunjuk dan menyalakan rice cooker Anda. Cara yang sama bisa Anda gunakan untuk memasak nasi di atas panci biasa, bedanya jika Anda memasak nasi di panci biasa, setelah air menyusut, nasi diaduk secara merata kemudian ditutup sampai airnya mengering dan nasi tanak.

Mengolah telur

Telur merupakan olahan paling mendasar yang bisa dimasak apapun. Pada dasarnya ada 4 olahan telur yaitu direbus, telur dadar, telur acak atau scrumbled egg, telur mata sapi.

Dalam merebus telur sampai mendapatkan kematangan yang sempurna, Anda hanya memerlukan waktu sepuluh menit dengan menggunakan api sedang. Telur rebus pun diangkat dan direndam dalam air biasa kurang lebih selama 1 menit saja. Anda pun bisa mengupasnya dengan mudah. Jika Anda ingin telur setengah matang, cukup dengan 6 menit saja, telur rebus setengah matang siap disantap.

Telur dadar dimasak dengan cara telur di kocok secara merata. Sambil mengocok telur dengan tambahan garam, Anda bisa memanaskan sedikit minyak dengan api sedang. Setelah minyak panas, dan telur sudah dikocok merata, telur siap untuk digoreng.

Telur acak, prinsipnya sama seperti telur goreng yaitu telur dikocok secara merata ditambah sedikit garam lalu ditumis dengan sangat sedikit minyak (pastikan minyak sudah panas), kemudian di acak di atas penggorengan. Anda memerlukan waktu sekitar 2 menit untuk membuat telur goreng atau scrumbled egg matang.

Satu lagi olahan telur yang biasa disantap untuk sarapan pagi adalah telur mata sapi. Minyak dipanaskan dengan api sedang, telur langsung dimasukkan dalam penggorengan, bubuhi dengan garam dan merica, kemudian ditunggu matang sekitar 2 sampai 3 menit.

Membuat pasta rebus

Didihkan air di panci ukuran sedang, beri sedikit minyak agar pasta tidak lengket, lalu masukkan pasta secara vertikal, kemudian bubuhi garam secukupnya. Tunggu 30 detik sampai pasta menjadi lembut, Kemudian aduk pasta perlahan, dan angkat.

Memasak sayur-mayur

Setiap sayuran memiliki waktu yang berbeda untuk mencapai kematangan yang baik. Sayur yang keras seperti wortel dan kacang panjang, membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan sayuran hijau seperti sawi dan sejenisnya sehingga jenis sayuran keras harus dimasukkan terlebih dahulu. Waktu yang dibutuhkan untuk merebus, menumis, dan mengukus sayur hanya dalam hitungan menit ya.

Jika Anda ingin sayuran hijau masih terjaga kehijauannya, saat merebus, Anda bisa menambahkan sedikit garam dalam air mendidih sebelum sayuran hijau dimasukkan. Untuk tumisan sayur hijau, agar warna sayuran tidak pucat, hindari menutup panci atau wajan saat menumis.

Merebus kaldu ayam

Kaldu bisa menjadi bahan dasar dalam membuat aneka makanan berkuah seperti sup ayam. Untuk merebus kaldu, setelah ayam dibersihkan dan dipotong dalam ukuran lebih kecil, ayam di masak sebentar hingga mendidih. Saat terdapat buih, air kaldu tersebut dibuang dan diganti dengan air baru. Didihkan ayam yang direbus setengah matang tadi dengan perbandingan ayam dan air 1:2, dimasak dengan api sedang, dicampur dengan rempah misalnya jahe, bawang putih atau bumbu lain sesuai selera, dan ditunggu kurang lebih 30 menit, lalu Anda bisa mencampurkan air kaldu tersebut dengan aneka  sayuran.

Jika Anda ingin membuat stok kaldu, sebelum sayuran dimasukkan, ambil air kaldu dan saring dari ampasnya dan simpan di dalam freezer.

Mengurangi keasinan pada kuah

Anda bisa memasukkan irisan kentang pada kuah Anda yang keasinan. Pasti rasa kuah Anda lebih enak dan pas asinnya.

Memasak pare agar tidak pahit

Pare adalah sayuran yang sangat menyehatkan tubuh namun rasanya yang pahit membuat banyak orang tidak menyukainya. Pahit dalam pare bisa dihilangkan dengan mengiris pare dan merendam dalam air selama 5 sampai 10 menit, lalu peras pare sampai keluar airnya, cuci parenya, dan rendam dalam air jeruk nipis selama beberapa menit. Setelah itu pare bisa dicuci kembali dan siap diolah menjadi aneka masakan.

Mengempukkan daging

Merebus daging ditambah dengan irisan nanas atau beberapa helai daun papaya bisa membuat daging menjadi empuk dengan waktu yang tidak lama.

Menghilangkan bau amis ikan

Bau amis pada ikan atau olahan seafood bisa dikurangi dengan tambahan jeruk nipis di masakan Anda.

Menghilangkan buih pada air mendidih

Siapa sangka buih pada air mendidih saat Anda merebus sesuatu bisa dihilangkan dengan cara meletakkan sendok kayu di atas panci tersebut.

Related Posts