Tips Mencegah Tandon/Toren Rumah agar Tidak Berlumut

Masalah lumut di dalam tandon air memang sering dialami oleh para pemiliknya. Hal tersebut tentu dapat mengganggu kualitas air yang akan digunakan oleh pemilik. Ini bisa cukup mengganggu jika tidak dirawat secara berkala.

Namun bapak Ikhwanudin dalam videonya menunjukkan bagaimana mengatasi masalah lumut secara mudah. Beliau menyatakan ada dua cara paling masuk akal untuk mencegah tumbuhnya lumut pada tandon air.

Cara pertama adalah menaruh tandon di dalam ruangan. Ini tentunya akan sangat memberatkan bagi orang yang memiliki rumah satu lantai saja. Akan sangat mustahil memasukkannya dalam rumah dan menggunakan secara efektif.

Cara kedua bisa dengan membangun rumah khusus untuk tandon air. Cara ini sangat efektif untuk pemilik rumah dengan satu lantai. Sayangnya biaya pembuatan konstruksi juga akan cukup besar.

Lalu bagaimana cara paling mudah untuk mengatasi tumbuhnya lumut. Dalam videonya bapak Ikhwanudin mengungkapkan cara rahasianya agar Anda tidak perlu lagi harus khawatir terjadi penimbunan kotoran dari lumut dalam tandon.

Tandon 3 Tahun Tidak Terawat Masih Tetap Bersih

Dari video yang diunggah tersebut bapak Ikhwanudin menjelaskan bagaimana lumut bisa tumbuh di dalam tempat air. Lumut dapat tumbuh apabila ada air dan cahaya dengan intensitas cukup.

Apabila salah satu dari dua komponen tersebut dapat dihilangkan maka dinding pada penampung air tidak akan ditumbuhi lumut. Cara paling mudah adalah menjaga agar cahaya tidak masuk pada bagian dalam penampungan air.

Memang secara umum toren air memiliki struktur yang elastis dan relatif tipis. Ini membuat cahaya lebih mudah masuk ke dalamnya sehingga dindingnya dapat ditumbuhi oleh lumut. Lalu bagaimana jika dinding bagian luar dicat agar lebih gelap.

Solusi ini sebaiknya dihindari karena zat kimia dari cat dapat menimbulkan retakan mikro sehingga dinding bisa mudah rusak. Berbagai kasus kebocoran tenor sering terjadi karena pemilik melakukan pengecatan ulang pada bagian luar.

Menurut bagapa Ikhwan solusi paling mudah adalah menggunakan tenor Penguin. Strukturnya kuat dan tebal sehingga cahaya tidak bisa masuk. Bahkan di model terbaru cahaya tidak dapat menembus dinding sama sekali.

Dengan adanya struktur kuat seperti itu pemilik tidak perlu sering melakukan perawatan. Beliau mengulas secara lengkap bagaimana kelebihan tenor Penguin ini di dalam videonya. Anda bisa melihat langsung apabila ingin mengetahuinya secara lebih rinci.

Meta deskripsi : Masalah lumut pada tenor air memang bisa merepotkan pemilik. Namun ada cara sederhana yang bisa dilakukan pemilik agar bagian dalam tenor tetap bersih.

Sumber Video : Ada Manfaat. Tanggal Penerbitan : 11 Oktober 2020.


20 Tips Berhenti Merokok, Ampuh Hilangkan Efek Kecanduan

Bagi sebagian besar orang, stop rokok itu sulit dilakukan. Padahal beberapa dari mereka tahu bila merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak berbagai macam organ penting tubuh. Misalnya saja seperti tenggorokan, paru-paru, hati, sampai jantung.

tips berhenti merokok

Tidak hanya itu saja, menghisap benda berbahaya ini adalah salah satu aktivitas penyumbang kematian paling besar di dunia. Selain bisa menyebabkan penyakit jantung serta kanker, ternyata produk tembakau ini juga dapat menyebabkan masalah ARMD, kesuburan, prematur, dan BBLR.

Seperti yang diketahui bahwa kegiatan merokok bisa berdampak buruk pada kesehatan seseorang, baik dari perokok aktif maupun pasif. Maka dari itu tidak ada salahnya bila belajar berhenti merokok sejak dini. Di bawah ini adalah 20 cara paling mudah agar berhasil berhenti merokok, antara lain:

Temukan Tekad Berhenti Merokok dari Awal

Cara alami untuk tidak melakukan kegiatan ini paling efektif adalah segera kuatkan tekad dan tentukan alasannya kenapa harus melakukannya. Dengan alasan inilah yang nantinya bisa dijadikan sebagai motivasi untuk tidak melakukannya. Misalnya seperti untuk terlihat awet muda dan menjaga kesehatan tubuh.

Selalu Berpikir Positif dan Tidak Mudah Menyerah

Bila dulu kamu pernah mengalami kegagalan untuk tidak menggunakan produk tembakau ini, maka jangan pantang menyerah. Kamu harus selalu berpikir positif bahwa hal ini memang tidak mudah dan butuh usaha keras supaya terus termotivasi serta semangat terbebas dari masalah kecanduan rokok. 

Buat Rencana Matang tentang Berhenti Merokok

Supaya berhasil, kamu harus membuat rencana dengan matang. Cobalah buat rencana dari awal agar kamu bisa melakukannya sepenuh hati. Buat target kapan harus berhenti mengisap produk tembakau si sumber penyakit sejak dini. Sehingga hal tersebut akan membantu berhenti merokok secara alami.

Mengganti Merek Rokok untuk Menurunkan Efek Kecanduan

Mengganti merk rokok ternyata efektif menurunkan keinginan mengisap barang berbahaya ini. Karena saat rasa rokoknya berbeda, otomatis itu akan merusak cita rasa yang selama ini dinikmati. Otomatis dengan begitu efek kecanduan rokok akan berkurang dan menghilang dengan sendirinya.

Melakukan Terapi Pengganti Nikotin

Biasanya ketika harus berhenti merokok secara mendadak, setiap perokok akan mengalami masalah moody, sakit kepala, lesu, dan letih. Solusinya lakukan terapi mengganti nikotin seperti mengkonsumsi permen karet nikotin (patches). Terapi tersebut akan membuat gejalanya reda sehingga tetap merasa nyaman meski tidak menghisap benda berbahaya tersebut.

Mengikuti Kelas Terapi Berhenti Merokok

Tidak ada salahnya ikut kelas berhenti merokok yang tersedia saat ini. Dengan begitu, kamu semakin termotivasi untuk tidak menghisap benda berbahaya tersebut. Jadi cobalah berada di lingkungan yang memiliki keinginan sama. Sehingga kalian bisa saling menguatkan untuk tidak merokok dari sekarang.

Tidak Mengkonsumsi Minuman Alkohol

Jangan pernah minum minuman beralkohol bila ingin terbebas dari rokok. Pasalnya minuman alkohol biasanya berhubungan dengan rokok. Itulah sebabnya bila tidak ingin kecanduan rokok dan menjauhinya, maka jangan juga minum minuman alkohol mulai dari sekarang.

Mengubah Kebiasaan Merokok ke Hal-Hal Bermanfaat

Bila sebelumnya kamu sering merokok sesudah makan, maka ganti kebiasaan itu dengan hal yang lebih berguna. Salah satunya adalah menyikat gigi agar terlihat bersih dan sehat atau mengunyah permen karet. Kebiasaan ini akan membuat kamu tidak kecanduan rokok lagi.

Mengurangi Kafein Setiap Hari

Minum terlalu banyak kafein seperti teh dan kopi akan membuat ketegangan sistem saraf otak semakin meningkat dalam 1 hari. Otomatis saat sistem saraf menegang, keinginan untuk menghisap benda berbahaya tersebut meningkat untuk merelaksasi tubuh. Solusinya, kurangi kafein!

Rajin Membersihkan Rumah

Supaya terhindar dari rokok, buang semua hal yang berkaitan dengan benda berbahaya ini. Mulai dari pemantik api, asbak rokok, juga rokoknya sendiri yang masih tersimpan di dalam rumah. Kemudian bersihkan semua sprei, gorden, dan karpet yang berbau rokok.

Mulai Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Ketika berniat untuk tidak merokok, maka jangan diet dulu. Karena saat berhenti merokok biasanya gejalanya akan membuat tubuh cepat lelah dan lesu. Solusinya adalah makan banyak sayuran dan buah-buahan supaya tubuh lebih sehat serta kuat sepanjang hari.

Mulai Rajin Berolahraga

Beberapa studi menyebutkan bahwa ternyata olahraga mampu menurunkan efek kecanduan terhadap rokok. Bahkan meski hanya dengan gerakan peregangan serta berjalan saja selama 5 menit, ternyata hal ini efektif membuat otak memproduksi zat kimia anti candu terhadap rokok.

Mencari Teman yang Tidak Merokok

Umumnya perokok itu selalu berkumpul dengan orang yang memiliki hobi sama, yaitu merokok juga. Biasanya kumpulan ini disebut dengan social smoker. Solusinya bila ingin berhenti adalah cari teman yang tidak merokok juga supaya keinginan kamu tercapai semakin cepat.

Ganti Kopi dengan Minum Susu

Bila biasanya rokok selalu ditemani oleh minuman kopi, maka sekarang gantilah minuman tersebut dengan susu. Susu akan mengubah cita rasa rokok. Hasilnya perokok menjadi tidak ingin menghisap benda berbahaya itu lagi saat kopinya diganti dengan susu.

Ikut Bimbingan Konseling agar Stop Rokok

Bila masih kesulitan berhenti melakukan kegiatan ini, cobalah mengikuti kelas konseling. Dengan begitu kamu bisa mendapat tips dari ahlinya yang sudah terlatih secara profesional. Sehingga kegiatan ini semakin mudah dijalani karena disesuaikan dengan kondisi masing-masing perokok.

Menyimpan Foto Orang yang Penting

Selalu membawa dan menyimpan foto orang terkasih, tersayang, seperti keluarga dan pasangan sambil menuliskan berhenti merokok karena mereka akan membuat kamu selalu ingat tujuan tidak menghisap benda berbahaya ini. Sehingga kamu selalu termotivasi melakukannya sepanjang waktu!

Cari Tahu Pemicu Kamu menjadi Perokok

Sebisa mungkin cari tahu apa yang menyebabkan kamu merokok. Misalnya saja seperti selalu merokok setelah makan, memasuki bar atau club, tiba di kantor, dll. Hindari penyebabnya dan pikirkan cara untuk menghindari pemicu kegiatan menghisap benda berbahaya tersebut.

Rayakan Setiap Kali Berhasil

Cobalah untuk merayakan setiap kali kamu berhasil menjadi non perokok setiap hari. Setelah berhasil melakukannya selama 2 minggu, cobalah untuk merayakannya dengan melakukan hal-hal yang kamu suka. Misalnya seperti pergi ke bioskop dan makan di restoran.

Tulis Alasan dan Keuntungan Stop dari Rokok

Tulis beberapa tujuan, alasan, serta keuntungan tidak merokok untuk memotivasi kegiatan ini. Misalnya saja bisa lebih hemat, hidup panjang umur, merasa lebih baik, demi orang tersayang, semakin wangi, dll. Sehingga kamu semakin paham dampak buruk merokok.

Makan Permen agar Tidak Kecanduan Rokok

Saat mencoba berhenti merokok, biasanya keinginan memasukkan sesuatu di mulut selalu ada. Solusinya supaya tidak merasa aneh ketika tidak menghisap rokok, maka makanlah permen bebas gula (camilan sehat) agar tetap ada yang menempel di mulut.