Cara Membuat Pewangi Ruangan Yang Tahan Lama dan Bikin Betah Seisi Rumah, dengan Bahan-Bahan yang Gampang Ditemukan

Meletakkan pewangi ruangan adalah cara instan yang bisa kamu gunakan untuk mengusir bau tak sedap di ruangan. Saat ini, ada banyak sekali produk pewangi ruangan yang bisa dengan mudah kamu temukan di pasaran. Pewangi ruangan tersebut hadir dalam berbagai macam bentuk, wangi, dan juga harga.

Jika kamu sulit menemukan pewangi ruangan dengan wangi yang cocok dengan seleramu, kamu bisa mencoba membuat pewangi ruangan sendiri. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, kamu bisa mengusir bau tak sedap di rumahmu.

Menggunakan Pewangi Pakaian

Cara pertama adalah membuat pewangi ruangan dengan menggunakan pewangi pakaian. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah satu sachet pewangi pakaian (kamu bisa menggunakan merk apapun), setengah gelas air, dan cuka makan secukupnya. Setelah menyiapkan bahan-bahannya kamu bisa segera membuat pewangi ruangan.

Di dalam wadah, campurkan satu sachet pewangi pakaian dengan kira-kira 2 sendok makan cuka dapur dan juga air. Aduk ketiga bahan tersebut hingga tercampur dengan baik. Setelah tercampur, pindahkan cairan tersebut ke dalam botol semprot.

Voila! Kamu bisa segera menggunakan pewangi ruangan ini dengan menyemprotkannya ke setiap ruangan di rumahmu. Sangat mudah untuk membuatnya bukan?

Menggunakan Potongan Buah

Selain menggunakan pewangi pakaian, kamu juga bisa menggunakan potongan buah untuk membuat pewangi ruangan. Disarankan untuk menggunakan buah dengan wangi yang kuat, seperti jeruk, lemon, atau jeruk nipis. Kamu juga bisa menggunakan bunga, seperti mawar atau melati.

Bahan-bahan yang diperlukan cukup mudah untuk kamu temukan, yaitu air, alkohol, dan buah atau bunga favoritmu. Cara membuatnya yang pertama adalah iris buah atau sobek kelopak bunga, lalu campur dengan air dan alkohol dalam sebuah wadah. Jika kamu ingin pewangi ruangannya sealami mungkin, gunakan lebih banyak air daripada alkohol.

Tutup wadah berisi campuran tersebut dan biarkan semalaman. Semakin lama kamu simpan, akan semakin kuat wanginya. Setelah disimpan, pindahkan ke dalam botol semprot dan tambahkan air.

Jika kamu ingin wanginya lebih kuat, kamu bisa tambahkan lagi alkohol secukupnya. Selesai! Kamu bisa segera menyemprotkan pewangi ruangannya untuk mengharumkan ruangan di rumahmu.

Menggunakan Kulit Buah

Jangan buru-buru membuang kulit buah setelah kamu makan daging buahnya. Kamu bisa menggunakan kulit buah tersebut sebagai salah satu bahan untuk membuat pewangi ruangan alami. Akan lebih baik jika kamu menggunakan kulit buah yang tebal dan memiliki aroma yang kuat, seperti lemon atau jeruk.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah kulit buah, garam laut, dan rempah yang kamu sukai, seperti daun mint, kemangi, cengkeh, atau kayu manis. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menaruh garam laut dan rempah favoritmu di dalam kulit buah. Pastikan kulit buah sudah benar-benar bersih dari daging buahnya ya.

Garam laut akan memperkuat wangi dari kulit buah yang kamu gunakan. Sedangkan rempah akan menambah wangi dan kesegaran. Jika kamu membuat pewangi ruangan ini, pastikan kamu menaruhnya di tempat yang tidak terjangkau anak-anak dan hewan peliharaan ya.

Artikel Terbaru

Menggunakan Minyak Aroma Terapi

Cara selanjutnya adalah menggunakan minyak aroma terapi kesukaanmu dan menyulapnya menjadi lilin pewangi ruangan. Kamu bisa menggunakan lilin yang lebih aman, contohnya beeswax atau lilin lebah. Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah beeswax, toples kaca, sumbu, loyang, dan oven atau microwave.

Pertama, potong lilin lebah menjadi kecil dan masukkan ke dalam toples atau wadah kaca. Kemudian, masukkan ke dalam oven atau microwave untuk mencairkannya. Setelah lilin mencair, keluarkan dari microwave dan tambahkan minyak aroma terapi favoritmu dan aduk rata.

Segera masukkan sumbu di tengah-tengah lilin. Tunggu setidaknya setengah hari sampai satu hari agar lilin mengeras. Selesai, kamu berhasil membuat lilin pewangi yang alami dan aman.

Menggunakan Bahan Alami

Ide terakhir seperti membuat infused water. Bedanya, ini adalah pewangi ruangan. Kamu hanya memerlukan 2 bahan saja, yaitu air dan wewangian yang kamu inginkan.

Jika ingin wangi yang segar, gunakan buah. Jika ingin wangi yang manis, gunakan bunga atau rempah. Caranya, didihkan bahan tersebut di dalam air. Setelah mendidih, masukkan ke dalam botol dan selesai!

Related Posts