Fenomena Laut Merah Terbelah di Jeddah

Takjub sekali melihat Laut Merah yang terlihat seperti terbelah menjadi dua.

Di sebuah lautan di Jeddah, Arab Saudi terlihat seperti terbelah menjadi dua. Tapi sebenarnya laut ini hanya tidak menyatu karena adanya dua sumber air yang berbeda yaitu air tawar dari pesisir dan air laut dari tengah.

Video atau vlog yang di upload oleh Alman Mulyana ini menampilkan dirinya dan juga dua orang temannya di Jeddah yaitu Kang Irlan dan El Zuned.

Kang Alman kali ini membahas fenomena terbelahnya laut merah di pesisir pantai Jeddah, Arab Saudi. Awalnya ia memperlihatkan proses penyiraman rumput di sekitar pantai yang dibilangnya mahal di Saudi.

Kemudian Kang Alman menunjukkan dua temannya yaitu Kang Irlan dan El Zuned untuk menemaninya nge-vlog. Selanjutnya di pinggir pantai, Kang Alman menunjukkan pantai yang berada di hadapannya. Pantai yang berada di Jeddah yang diperlihatkan Kang Alman ini menunjukkan fenomena seperti terbelah.

Fenomena ini sejatinya bukan laut terbelah, tapi merupakan laut yang berbeda warna dari air tawar dan air laut. Air tawar di laut ini sendiri muncul dari lubang besar yang ada di pinggir pantai dan mengeluarkan air tawar. Air tawar ini kemudian bertemu air laut di tengah dan memunculkan fenomena ini.

Menurut Kang Alman, tempat ini jarang diketahui orang. Kemudian salah satu teman Kang Alman menjelaskan dalil dari fenomena laut ini dengan mengutip dari ayat-ayat A-Qur’an dalam Surat Ar-Rahman. Tidak lupa juga diceritakan kisah laut merah yang berkaitan dengan sejarah Fir’aun.

Terakhir, Kang Alman memberikan saran agar jalan-jalan di pantai Jeddah ini lebih seru yaitu dilakukan pada sore hari, karena akan banyak orang yang olahraga.

Video ini dibuat oleh Alman Mulyana, 30 Oktober 2019 dan telah ditonton 2,2 juta kali.


10 Wisata Wajib di Malang dan Batu Yang Harus Anda Kunjungi

Malang merupakan salah satu kota tujuan wisata paling terkenal di Jawa Timur. Mendengar kata Malang akan banyak hal yang bisa kita bayangkan. Diantaranya adalah suasana pegunungan, udara yang sejuk dan dingin.

Satu hal lagi yang pastinya sangat akrab di telinga Anda saat mendengar kata Malang, yakni apel Malang. Ya, buah apel di kota ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai perkebunan agrowisata yang besar.

Wisata di Malang dan Batu sangat banyak pilihannya, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata permainan, wisata kuliner dan wisata belanja yang juga sangat banyak ditemukan. Sangat rugi jika Anda belum pernah berkunjung ke Malang.

Jika ada waktu dan kesempatan ke Malang dan Batu, berikut ini kami rekomendasikan 10 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi.:

Coban Pelangi

Wisata unik di Malang ini berada di Kecamatan Tumpang, sekitar 132 km dari Kota Malang. Di tempat ini kita bisa menikmati sajian air terjun yang segar dan indah. Dan uniknya lagi, di sini akan muncul pelangi pada saat-saat tertentu. Jadi pelangi di sini bisa muncul meskipun tidak musim hujan.

Sambil menunggu pelangi muncul, Anda bisa menikmati sajian aneka kuliner yang ada di sini. Udara di sini sangat sejuk karena berada di kawasan pegunungan yang tinggi. Sayangnya untuk mencapai ke lokasi, Anda harus melewati perbukitan hutan pinus yang terjal.

Pantai Balekambang

Jika Anda pernah berkunjung ke pura Tanah Lot di Bali, maka pasti Anda bisa membayangkan objek wisata yang satu ini. Bedanya pada ukuran pura yang lebih kecil, dan pura ini memang sengaja dibangun oleh Bupati Malang. Terdapat jembatan panjang yang menghubungkan pura dengan tepian pantai. Pemandangan di tempat ini sangat indah terutama di sore hari.

Pulau Sempu

Pulau Sempu merupakan salah satu wisata favorit di Malang. Bisa dikatakan sebagai syurga wisatanya Malang. Di tempat ini pemandangan sangat indah.

Hutan ini juga merupakan lokasi cagar alam yang memiliki banyak spesies langka yang dilindungi. Di sini merupakan kawasan hutan tropis, hutan pantai, hutan bakau yang bersatu menjadi sebuah kawasan hutan yang sangat indah.

Segara Anakan

Segara anakan merupakan sebuah danau yang terbentang di tengah-tengah Pulau Sempu. Kawasan danau ini luasnya mencapai 4 km dengan kondisi air yang biru kehijauan dan sangat indah. Airnya jernih dan segar. Lokasi ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Malang. Jangan lupa singgah ke Segara Anakan saat datang ke Malang.

Jatim Park 1

Jatim Park 1 merupakan salah satu wisata tempat permainan yang mengusung tema edukasi. Di tempat ini kita bisa menemukan aneka jenis permainan yang memiliki nilai edukasi yang baik. Sehingga pengunjung tak hanya mendapatkan hiburan tapi juga pengetahuan yang baru. Bangunan ini ditandai dengan sebuah kolam renang yang besar dan relief wajah Ken Arok.

Jatim Park 2

Hampir sama dengan Jatim Park 1 yang mengusung tema edukasi, di tempat ini wahana rekreasi terbagi dua yakni Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Museum Satwa berisi binatang-binatang dari berbagai benua yang diawetkan, sedang di Batu Secret Zoo Anda bisa menikmati kebun binatang berkonsep modern seperti wahana akuariuam besar dan sebagainya. Jika ingin lebih jelas, datang lah ke tempat ini bersama keluarga.

Eco Green Park

Lokasi wisata ini merupakan wahana rekreasi edukasi yang menampilkan sebuah kebun binatang mini serta bagaimana memelihara keseimbangan lingkungan. Tempat wisata ini cocok untuk dijadikan wisata bersama anak-anak.

Museum Angkut

Di tempat ini terdapat aneka jenis angkutan. Tak hanya itu, kita juga bisa menemukan berbagai wahana angkutan dari berbagai negara seperti Jerman, Jepang, Inggris, Italia dan masih banyak lagi. Semuanya dibuat semirip mungkin, mulai dari jalanan hingga landmark dan sebagainya.

Batu Night Spectacular

BNS merupakan wisata malam yang ada di Malang. Di sini kita bisa menyaksikan aneka jenis wahana permainan, aneka pencahayaan di air mancur yang sangat indah. Tempat ini biasa dibuka dari pukul 15 sore hingga tengah malam.

Wendit Water Park

Tempat wisata ini menawarkan dua tempat pemandian yakni telaga alami dan juga kolam renang buatan yang modern. Telaga alami di sini dalamnya sekitar 2 meter dengan suhu air di bawah 25 derajat celsius. Berendam di tempat ini akan membuat tubuh menjadi segar dan lebih sehat.

Yuk jalan-jalan ke Malang. Nikmati aneka kuliner di Malang yang juga tak kalah serunya dengan tempat-tempat wisata lain di Indonesia. Harga kuliner sangat murah sehingga Anda bisa makan sepuasnya di kota ini.