Ini Dia Latihan Puncak TNI AL GARUDA – Armada Jaya

Kebanggaan menjadi warga negara Indonesia begitu kental terasa setelah menyaksikan latihan puncak TNI AL untuk mempertahankan wilayah laut kekuasaan Indonesia dari negara musuh. Tayangan GARUDA mampu meningkatkan rasa nasionalisme.

YouTube video

Wilayah laut Indonesia memiliki potensi besar untuk mensejahterahkan warga negaranya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perlindungan ekstra untuk wilayah laut Indonesia . TNI AL sangat strategis dalam menyusun perlindungan tersebut.

Komando Gabungan dan Uji Coba Rudal C705

Mempertahankan daerah kekuasaan NKRI adalah tanggung jawab setiap warga negara, namun TNI AL berdiri di garda terdepan untuk melawan siapa saja negara musuh yang ingin merebut wilayah Indonesia.

Upaya tersebut dilakukan dengan berbagai perencanaan yang matang oleh komandan TNI Angkatan Laut. Sebelum dilakukan eksekusi perencanaan tersebut, TNI mengadakan latihan armada jaya ke 34 di tahun 2016.

Latihan tersebut diskenariokan, karena adanya perebutan wilayah negara Indonesia bagian Timur oleh negara musuh. Selain itu, dibentuk juga Komando Gabungan untuk merebut keunggulan laut dari negara musuh.

Komando Gabungan dalam latihan ini memiliki tujuan utama, yaitu menetralisir kapal selam negara lawan yang ada di dalam laut, serta kapal dan juga pesawat udara. Ketiganya merupakan kekuatan laut lawan.

Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencegah terjadinya perebutan wilayah oleh negara lain yang ingin mengambil alih daerah kekuasaan indonesia. Pelaksanaannya dengan menembak bom, rudal dan roket untuk merebut kekuatan lawan.

Rudal C705 yang digunakan untuk latihan ini masih belum pernah diuji sebelumnya. Pada latihan ini, selain untuk menguji kinerja rudal juga digunakan untuk melatih para anggota TNI dalam menembakkan senjata.

Malam harinya dilakukan pengintaian oleh tim Amfibi untuk melihat berbagai rintangan yang ada di tepi pantai. Setelah menyelesaikan rintangan tersebut, tim Amfibi akan menyusun strategi selanjutnya.

Tayangan latihan anggota TNI AL beserta strategi yang dibuat oleh para pemimpin ini disiarkan oleh Net TV sebagai stasiun televisi terkemuka di Indonesia melalui Youtube Channel Official Net News.

Pembuat video : Official NET News

Tanggal penerbitan : 22 Januari 2017


5 Pilihan Beasiswa S1 di Dalam Negeri 2015

Pendidikan saat ini mulai beranjak naik menjadi sebuah kebutuhan primer bagi beberapa orang. Sehingga dengan tingginya kesadaran masyarakat, tinggi pula minat masyarakat untuk dapat menempuh pendidikan dengan jenjang yang lebih tinggi.

Fungsi pendidikan sendiri bagi mereka tidak hanya untuk mengembangkan pola pikir dan menambah pengetahuan, melainkan juga sebagai sarana untuk meningkatkan posisi karir mereka di tempat kerja.

Dimana seseorang dengan pendidikan yang tinggi dalam suatu lingkup kerja, tidak hanya akan memperoleh pendapatan yang tinggi melainkan juga mendapatkan apresiasi kerja yang lebih baik dari pimpinan atau atasan sebuah perusahaan atau Instansi.

Namun guna mendapatkan mendidikan yang baik serta berkualiatas, juga membutuhkan biaya atau alokasi dana yang relatif cukup besar. Dengan demikian seseorang yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan, akan mencari jalan untuk dapat melanjutkan pendidikan namun dengan biaya yang terjangkau. Dan salah satu pilihannya adalah dengan mengajukan beasiswa.

YouTube video

Bagi pelajar dan mahasiswa, beasiswa memang menjadi alternatif pilihan untuk dapat mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Namun tiap-tiap instansi pendidikan atau perusahaan pendonor yang membuka program beasiswa juga akan mengajukan beberapa syarat atau ketentuan bagi mereka yang ingin mengikuti program beasiswa tersebut. Maksud dan tujuan nya adalah sebagai filter atau saringan agar mendapatkan orang-orang yang memang berprestasi dan berkualitas, sehingga dapat masuk ke dalam program beasiswa tersebut.

Jenis-jenis Beasiswa

Terdapat beberapa hal yang perlu kita pahami sebelum memburu beasiswa, yaitu kita harus memahami jenis beasiswa seperti apa yang akan kita kejar. Dimana beasiswa berdasarkan pendanaannya terbagi atas 2 macam, yaitu beasiswa penuh (full scholarship) dan beasiswa sebagian (partial scholarship)

Beasiswa Penuh

Full scholarship atau beasiswa penuh, sesuai dengan namanya merupakan beasiswa yang menanggung seluruh biaya penyelenggaraan pendidikan. Dan biaya-biaya tersebut adalah biaya akademik, biaya buku, biaya penelitian, biaya akomodasi, biaya hidup, biaya asuransi serta tiket perjalanan. Beasiswa penuh ini biasanya berupa beasiswa bantuan. Dimana beasiswa bantuan ini diberikan bagi mereka yang terbatas secara ekonomi, namun berprestasi dan berkeinginan untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Beasiswa Sebagian

Sedangkan partial scholarship atau beasiswa sebagian, merupakan beasiswa yang hanya menanggung sebagian dari biaya-biaya penyelenggaraan pendidikan. Misalkan hanya menanggung biaya akademik, buku-buku, dan penelitian saja, sedangkan biaya-biaya lain ditanggung secara pribadi oleh penerima beasiswa.

Terdapat pula beasiswa yang juga diberikan sebagai apresiasi bagi mereka yang berprestasi, tidak hanya prestasi dalam bidang akademik, melainkan juga prestasi di luar bidang akademik.

Contohnya beasiswa penghargaan. Beasiswa ini diberikan kepada pelajar ataupun mahasiswa yang memiliki nilai akademik yang baik. Dan memenuhi syarat untuk mendapat beasiswa. Contoh lainnya adalah beasiswa atletik yang diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi dalam bidang atletik. Biasanya beasiswa ini diberikan oleh instansi pendidikan, organisasi atau perguruan tinggi tempat mereka mengenyam pendidikan.

Jenis-jenis beasiswa ini memiliki ketentuan dan aturan yang berbeda-beda. Sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan para pelajar dan mahasiswa.

5 Beasiswa S1 Pilihan di Dalam Negeri

Beberapa orang dalam hal ini pelajar maupun mahasiswa banyak yang memprioritaskan beasiswa luar negeri. Namun terdapat pula beberapa beasiswa dalam negeri yang termasuk beasiswa terbaik dan favorit di Indonesia. Dan tentunya memiliki kulitas yang tidak kalah baik dengan beasiswa luar negeri. Beasiswa-beasiswa tersebut tidak hanya diselenggarakan oleh pemerintah, melainkan juga oleh instansi pendidikan, pihak swasta maupun organisasi atau yayasan. Sehingga beasiswa dalam negeri patut untuk dipertimbangkan.

Terdapat 5 Beasiswa S1 terfavorit di Dalam Negeri di tahun 2015. Beasiwa-beasiswa tersebut adalah:

1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sejak tahun 2010. Beasiswa ini merupakan beasiswa bantuan yang memperuntukan pendanaan bagi mahasiswa yang berprestasi secara akademis, namun memiliki ketebatasan biaya atau tidak mampu secara ekonomi. Sehingga banyak mahasiswa yang mengajukan beasiswa ini. Fasilitas yang diperoleh dari beasiswa ini adalah biaya akademik hingga lulus, bahkan juga memberikan uang saku setiap bulan bagi penerimanya.

2. Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Djarum Foundation. Dimana penerima beasiswa ini atau disebut dengan Beswan Djarum juga mendapatkan beberapa pelatihan soft skill seperti pelatihan kepemimpinan dan pembangunan karakter yang diaplikasikan dalam kegiatan Community Empowerment.

3. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Tanoto Foundation yang bekerjasama dengan beberapa universitas negeri di Indonesia. Penerima beasiswa ini juga mendapatkan konseling akademis, kesempatan untuk magang di perusahaan mitra, program pembekalan (enrichment program) dan bergabung dengan Tanoto Scholar Gathering. Tidak hanya itu saja, menerima beasiswa juga mendapat kesempatan untuk dapat bekerja di Group Royal Golden Eagle (GRGE) melalui proses seleksi.

4. Beasiswa Sobat Bumi

Penyelenggara beasiswa ini adalah Pertamina Foundation yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia serta menciptakan budaya dan kehidupan ramah lingkungan. Beasiswa ini secara tidak langsung juga bertujuan untuk mengedukasi penerimanya dengan memberikan pengetahuan konsep green life secara komprehensif sehingga diharapkan mereka dapa menjadi duta bagi lingkungan hidup.

5. Beasiswa Unilever

Beasiswa ini diselenggarakan oleh perusahaan Unilever sejak pertengahan tahun 1950. Beasiswa ini diberikan tanpa ikatan kerja, sehingga penerima beasiswa setelah menyelesaikan studinya bebas untuk menentukan akan bergabung atau tidak bergabung dengan Unilever sebagai penyelenggara.

Tidak hanya bidang-bidang studi yang terkait dengan industri saja yang dibiayai oleh beasiswa ini, melainkan bidang-bidang studi sosial juga mendapat pembiayaan dari Unilever, misalnya Ekonomi, Hukum, dan Psikologi.

Informasi tersebut sekiranya dapat menjadi titik terang bagi pelajar atau mahasiswa yang sedang mengejar beasiswa dalam negeri. Sehingga dapat mewujudkan keinginan pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi.

Related Posts