GM Irene Sukandar Main Catur Hadap Belakang Lawan Denny Cagur.

Kocak, seru dan mengesankan. Begitulah perasaan yang terbawa setelah melihat video atau vlog ini. Grandmaster Irene bisa mengalahkan Denny Cagur dalam permainan catur buta.

Denny pun tertarik untuk menantang Irene main catur. Sayangnya dalam dua kali kesempatan Denny harus mengakui kekalahan.

Video yang diupload oleh Denny Cagur TV ini menghadirkan Dennya Cagur dan juga Irene Kharisma Sukandar, seorang Grandmaster catur wanita yang sedang viral dan banyak diperbincangkan.

Denny nampak antusias menunggu Grandmaster Irene Sukandar untuk bertemu dan membuat konten video bersama. Saat menunggu Denny juga bercerita bahwa dirinya akhirnya main catur lagi setelah 10 tahun.

Kedatangan Irene pun langsung disambut hangat oleh Denny. Sesuai janjinya, Irene pun memberikan papan catur standar internasonal kepada Denny. Setelah itu Denny mencoba kesempatan ini untuk bermain catur dengan Irene.

Dalam permainan pertama ini Irene nge-voor dengan main tanpa satu kuda serta memberikan kesempatan Denny memilih warna pion. Meski di-voor dan memilih pion putih yang artinya bisa maju duluan, Denny harus mengakui kekalahan dalam waktu satu menit dengan skak mat.

Denny kemudian menggali lebih dalam soal Irene. Menurut Irene dirinya mulai kenal catur di usia 6 tahun karena dikenalin papa. Dirinya minta dikenalin catur agar bisa ngalahin kakaknya. Setelah itu kemampuan Irene lebih diasah dengan mendatangkan pelatih dan juga sekolah catur.

Irene sendiri adalah Grandmaster catur perempuan di usia 16 tahun. Selain itu dirinya menjadi atlit termuda kontingen Sea Games tahun 2003 di usia 11 tahun. Di Sea Games ini Irene meraih 2 medali perak.

Untuk menjadi Grandmaster ditentukan dari gelar (3 kali) dan rating sebanyak 2300. Dengan booming-nya catur sekarang, Irene merasa senang dan ingin membangkitkan semangat pada para perempuan untuk menjadi Grandmaster.

Setelah itu Irene nantangin Denny main catur buta tanpa melihat papan catur. Sayangnya meski Denny lebih percaya diri, dirinya harus kembali kalah dengan skak mat.

Video ini dibuat oleh Denny Cagur TV, 28 Maret 2021 dan telah ditonton 1,5 juta kali.


10 Wisata Wajib di Bali

Siapa yang tak mengenal Bali sebagai salah satu daerah yang menjadin icon pariwisata nasional.

Bali dikenal memiliki banyak sekali pusat-pusat pariwisata, baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata belanja, wisata kuliner dan sebagainya. Bahkan soal kecantikan pun ada di Bali. Jadi para wisatawan yang sudah penat seharian berkeliling Bali akan bisa mendapatkan paket perawatan tubuh yang cukup banyak diminati.

Punya tempat favorit lain di Bali? Silakan tulis di komentar ya…

Bila Anda tak pernah berkunjung ke Bali, maka berikut ini diberikan setidaknya 10 wisata wajib di Bali yang wajib Anda kunjungi. Di sini Anda akan dimanjakan dengan berbagai suasana keindahan alam maupun keindahan sejarah yang memukau:

Pantai Kuta dan Pantai Sanur

Dua pantai ini wajib Anda kunjungi saat berada di Bali. Kedua pantai ini menawarkan dua hal yang berbeda dan sama-sama menarik, yakni sunset dan sunrise. Anda bisa meluangkan waktu untuk bermalam di tempat ini guna menikmati keindahan sunset di sore hari yang bisa Anda temukan di Pantai Kuta, dan sunrise di pagi hari yang bisa Anda temukan di Pantai Sanur. Kedua pantai ini bisa Anda nikmati secara gratis dan fasilitas di kawasan wisata ini pun cukup lengkap.

Pantai Jimbaran, Bali

Selain dua pantai di atas, pantai lain yang juga sangat terkenal di Bali adalah Pantai Jimbaran. Di sini adalah syurganya para pecinta seafood segar yang baru di masak. Di tepi pantai Anda bisa menikmati sedapnya berbagai macam olah seafood. Anda tak perlu khawatir karena ombak di pantai ini cukup tenang.

Tanjung Benoa

Kawasan ini wajib di kunjungi oleh para pecinta olahraga air. Di sini ombak dan air lautnya sangat cocok dijadikan sebagai tempat berselancar. Air laut yang biru dan angin semilir di tepi pantai menjadi hal yang akan sangat menenangkan jiwa.

Pura Uluwatu

Para pecinta wisata sejarah Hindu bisa menjadikan Pura Uluwatu sebagai tempat berkunjung. Pura Uluwatu merupakan bangunan pura sejarah agama Hindu yang berada tepat di bibir pantai. Di sini kita bisa menikmati keindahan pantai yang sangat alami di dalam sebuah bangunan pura.

Desa Seni Ubud

Ubud dikenal sebagai pusat seni budaya Bali. Sebuah desa yang cukup tenang dengan suasana tradisional yang sangat kental. Anda bisa mendapatkan banyak hal dengan ciri khas Bali di tempat ini. Di desa ini juga kerap diataja ajang seni budaya level internasional sebagai upaya untuk terus mempopulerkan Bali di tingkat dunia.

Seminyak

Kawasan yang modern dengan fasilitas wisatawan yang lengkap bisa Anda temukan di Seminyak. Jika Anda sedang ada waktu berkunjung ke Bali, tak ada salahnya Anda menikmati kemoderenan Bali dengan berkunjung langsung ke kawasan Seminyak ini.

Nusa Dua Bali

Objek wisata pantai lainnya bisa Anda nikmati di Nusa Dua Bali. Di tempat ini ada banyak sekali fasilitas penginapan mewah seperti hotel bintang lima. Sehingga kawasan ini sering dijadikan sebagai lokasi tempat di selenggarakannya even-even nasional oleh para pengunjung dari luar Bali.

Di sini pantainya berpasir putih dengan air laut yang kebiruan. Jika Anda ada rencana menggelar acara akbar tinggak nasional, tak ada salahnya mencoba kawasan Nusa Dua Bali ini sebagai lokasi acara. Sambil melakukan kegiatan Anda juga bisa sekalian berwisata di Bali.

Pura Tanah Lot

Kawasan wisata pura yang juga terletak di tepian pantai lainnya adalah Pura Tanah Lot. Suasana senja yang sangat indah dengan paduan suasana panorama laut di sore hari adalah pesona tak terlupakan dari Pura Tanah Lot yang cukup terkenal ini. Anda bisa menikmati suasana pantai di Bali dengan ketenangan di tempat Anda.

Danau Batur Kintamani

Para pecinta wisata danau saat berada di Bali bisa mengunjungi Danau Batur Kintamani. Suasana danau yang sejuk dipadukan dengan pemandangan gunung yang menyejukkan mata adalah daya pesona yang ditawarkan oleh objek wisata yang satu ini. Anda bisa menikmati kuliner di tengah sejuknya suasana danau dengan pemandangan persawahan di kanan kiri.

Pasar Seni Sukawati

Pasar tradisional yang banyak menyajikan oleh-oleh khas Bali dengan harga yang terjangkau adalah Pasar Seni Sukawati. Banyak para wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi membeli oleh-oleh. Berbagai jenis oleh-oleh khas Bali bisa Anda dapatkan di sini dengan harga yang murah.

Yuk jalan-jalan ke Bali. Jika para turis asing sudah sering berkunjung ke Bali kenapa kita yang orang Indonesia belum pernah kesana?

Untuk apa jauh-jauh wisata ke luar negeri kalau ternyata wisata dalam negeri tak kalah hebatnya dengan wisata luar negeri. Bangga dengan wisata sendiri bisa membantu kita terus menjaga khasanah budaya bangsa.

Punya tempat favorit lain? Silakan tulis di komentar ya…