Inilah Alasannya Kenapa Pulau-Pulau Mewah Dubai Kosong.

Mengesankan. Melihat proyek pembangunan pulau buatan yang dilakukan Dubai ini memang membuat kita jadi terkesima. Bayangkan saja, proyek-proyek yang ada menciptakan pulau-pulau buatan spektakuler yang tak terpikirkan sebelumnya.

YouTube video

Riwayat pembangunan pulau buatan di dunia dan juga pembangunan pulau-pulau di Dubai yang memang terus menjadi bahan pembicaraan. Untuk pembagunan pulau di Dubai tersebut memang menarik karena sempat mengalami pasang surut serta kontroversi.

Video yang diupload Sisi Terang ini menghadirkan pulau-pulau buatan manusia yang pernah ada.

Sejarah pulau buatan manusia bisa dimulai dari pulau di Skotlandia yang dibangun manusia purba. Menariknya pulau yang dijumpai batu-batu besar dengan berat ratusan kilogram ini masih menjadi misteri.

Selanjutnya ada Pulau Chinampas yang merupakan pulau buatan Suku Aztek yang digunakan untuk bercocok tanam. Menariknya pulau ini telah dilengkapi sistem pengairan yang bagus.

Berikutnya ada pulau-pulau yang dijadikan bandara seperti bandara Osaka, Hongkong dan Tokoname. Di Amerika ada Pulau Belmont yang merupakan timbunan batu buangan saat pembangunan kereta bawah tanah.

Masih di negara Paman Sam, kita juga bisa mendapati Pulau Swinburne dan Pulau Hoffman yang digunakan untuk imigran yang datang diakhir abad ke-19. Pulau ini sekarang jadi taman margasatwa. Sementara di Belanda ada pulau Flevoland yang muncul karena adanya reklamasi hingga dijadikan provinsi baru bernama Flevopolder.

Tapi antara banyak pulau buatan, pulau buatan di Dubai yang paling menjadi pembiacaraan. Ini karena di sini ada banyak pulau buatan yang dibuat sebagai proyek untuk bisnis properti. Keberadaan pulau-pulau di Dubai ini bukan tanpa alasan. Sebab sejak tahun 200-an tanah di pesisir Dubai memang sudah habis.

Beberapa pulau yang dibangun di Dubai ini antara lain Palm Jumeirah, Palm Deira, dan Palm Jebel Ali, dan kepulauan “The World”. Rencananya nanti juga akan dibangun kepulauan “The Universe”.

Untuk proyek pulau “The World” sendiri di tahun 2018 mengalami kemacetan karena krisis finansial. Apalagi kemudian muncul berita mengenai tenggelamnya beberapa pulau karena abrasi. Bahkan begitu “mandek”-nya proyek itu membuat banyak pulau yang masih kosong tak berpenghuni.

Pulau-pulau di Dubai ini kemudian juga menuai kontroversi karena persoalan lingkungan (perubahan alam).

Video ini dibuat oleh Sisi Terang, 27 November 2020 dan telah ditonton 1,7 juta kali.

Artikel Terbaru


10 Wisata Wajib di Papua yang Bisa Dikunjungi

Papua memiliki banyak potensi kekayaan alam yang masih belum tersentuh. Salah satunya adalah potensi kekayaan pariwisata Papua yang sangat terkenal.

Beberapa waktu terakhir, Raja Ampat menjadi salah satu wisata idola di Papua yang sudah hampir menyamai Bali. Bahkan tempat ini memiliki banyak keunggulan karena memang masih sangat asri dan alami, bebas dari sentuhan manusia.

Papua dikenal dengan keindahan alamnya, sehingga jika Anda berkunjung ke papua, jangan lupa untuk mengunjungi satu persatu lokasi wisata alam yang sangat indah.

Berikut ini ada 10 wisata yang wajib Anda kunjungi selama ada di Papua:

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan lokasi taman laut yang merupakan taman konservasi kekayaan laut seluas luas 1.453.500 hektar. Taman ini merupakan taman laut terbesar di Indonesia. Di tempat ini terdapat 209 jenis ikan dan 196 jenis moluska yang hidup secara bebas dan dilindungi.

Saat menyelam, tak jarang kura-kura, ikan dan lumba-lumba akan mengelilingi Anda. Objek wisata ini adalah syurganya para pecinta wisata laut. Pemandangan laut yang sangat indah bisa kita nikmati di taman laut ini. Terdapat juga berbagai pulau yang bisa dikunjungi.

Raja Ampat

Siapa yang tak kenal dengan objek wisata Raja Ampat. Wisata raja ampat kini sudah menyaingi Bali karena berbagai keistimewaannya. Bahkan orang lebih tau Raja Ampat dibanding dengan Papua itu sendiri. Raja Ampat adalah syurga wisata bahari Indonesia yang beberapa tahun belakangan ini mampu menyedot perhatian para wisatawan, bukan hanya dari Indonesia tapi juga wisatawan dunia.

Raja Ampat terdiri dari beberapa pulau besar dan kecil diantaranya adalah Waigeo, Batanta, Misool, Salawati. Berdasarkan penelitian, hampir 75% spesies laut dunia bisa ditemukan di perairan Raja Ampat.

Danau Sentani

Objek wisata danau yang terbesar berada di Papua adalah Danau Sentani. Danau ini berada sekitar 50 km dari pusat Kota Jayapura.

Ada 21 pulau yang mengelilingi danau ini, dengan ketinggian yang cukup tinggi dari atas permukaan laut sehingga suasananya sangat sejuk indah. Anda bisa memancing, berlayar menggunakan perahu atau sekedar menikmati kuliner di sekitar area danau tersebut.

Danau Paniai

Danau Paniai disebut sebagai danau terindah di dunia pada Konfrensi Danau sedunia tahun 2007 di India. Pemandangan yang sangat indah bisa kita nikmati di danau ini pada sore hari.

Siluet senja yang sangat indah berpadu dengan burung-burung yang berterbangan dan perahu-perahu nelayan yang mulai merapat. Danau ini merupakan danau penghasil ikan air tawar terbesar di Papua.

Lembah Baliem

Jika ingin melihat langsung lingkungan kehidupan suku asli masyarakat pegunungan Papua seperti suku Dani misalnya, Anda bisa langsung berkunjung ke tempat wisata ini.

Di sini juga Anda bisa menyaksikan penduduk tempatan yang memakai pakaian tradisional koteka di Papua. Suhu udara di tempat ini sangat dinging, mencapai 10 sampai 15 derajat celcius.

Desa Sauwandarek

Jika ingin menyaksikan kehidupan masyarakat asli Papua dari kawasan pesisir, maka sebaiknya Anda mengunjungi Desa Sauwandrek ini. Desa ini masih berada di kawasan Raja Ampat. Hanya dihuni oleh puluhan kepala keluarga saja. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan rumah-rumah tradisional suku di Papua.

Pantai Bosnik

Pantai yang sangat indah di Papua adalah Pantai Bosnik. Jangan melewatkan keindahan pantai ini dengan tidak berfoto.

Airnya yang kebiruan berpadu dengan pasir yang bersih dan putih, hembusan angin yang sepoi-sepoi menjadi alasan banyak orang untuk terpikat dengan pantai cantik ini.

Pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Dengan tiket 10 ribu rupiah saja Anda sudah bisa mengunjungi tempat ini.

Pantai Amai

Pantai Amai merupakan pantai tempat bertemunya air laut dan air tawar sehingga banyak para turis yang membasuh diri dengan air tawar di tempat ini. Pantai ini sangat cocok untuk mereka yang menyukai ketenangan.

Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon memiliki sebuah pantai yang sangat indah yakni Pantai pasir Panjang. Anda bisa melakukan banyak kegiatan di pantai seperti berenang, memancing dan sebagainya. Anda juga bisa mengunjungi hutan bakau, padang ilalang untuk melihat burung rusa.

Tugu MacArthur

Objek wisata sejarah yang ada di Papua salah satunya adalah Tugu MacArthur, yakni tugu yang dibangun untuk menghormati jendral besar asal Amerikan Serikat.

Yuk jalan-jalan ke Papua, ada banyak wisata alam yang menarik dikunjungi selama di Papua. Papua memiliki kekayaan wisata yang sangat besar dan mengharumkan nama Indonesia di dunia.

Related Posts