Gak Nyangka Enak Banget! Resep Ayam Sprite Saus Tiram. Populer Di Philipina

Wow! Masak ayam bisa semudah dan semenarik ini. Dengan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur dan kulkas kita bisa bikin makanan enak tanpa perlu repot. Resepnya mudah dan bisa ditiru. 

Tampak dalam video bagaimana cara membuat ayam sprite saus tiram. Mula-mula siapkan 8 potong ayam bagian paha atas. Langkah pertama harus dilakukan adalah memarinasi ayam dengan menuangkan setengah sendok teh merica hitam bubuk.

Setelah memasukkan merica bubuk masukkan juga satu sendok teh garam, 1 sdt kaldu ayam bubuk dan 1 kaleng Sprite. Tutup ayam menggunakan plastik wrap selama 30 menit untuk memarinasi. Setelah 30 menit buka plastik dan ayam akan diolah.

Sementara itu panaskan sedikit minyak pada wajan anti lengket dan nyalakan api sedang. Masukkan ayam sambil dibolak-balik hingga matang. Setelah ayam tanpa matang dan berwarna kecoklatan sisihkan ayam pada bagian pinggir pan dan kosongkan bagian tengah pan sambil tapi tetap menyala. 

Pada bagian tengah pan masukan 7 siung bawang putih yang telah dibagi 2, 1 buah kentang dan 1 buah wortel yang telah dipotong dadu. Tumis tumis sayuran hingga kecoklatan lalu masukkan sisa air Sprite yang digunakan untuk marinasi ayam.

Lalu masukkan 3 sendok makan saus tiram, 2 sendok makan kecap asin dan 1 SDM saus tomat. Adu adu ayam hingga tercampur rata lalu tutup panci hingga kuah sedikit mengental. Setelah kuah mengental tuangkan satu buah bawang bombay yang diiris tebal dan aduk rata sebentar.

Aduk-aduk sebentar lalu ayam disajikan di dalam piring saji. Tampak dalam video sajian ini terlihat begitu lezat. Video memasak ini diupload oleh Abu tosca sekitar 4 bulan lalu dan telah ditonton 1,8 juta orang. 

Video ini juga mendapat tanggapan positif karena pada video tidak ada percakapan bahkan voice over. Sehingga penonton bisa langsung melihat bagaimana cara membuat ayam sprite saus tiram sambil membaca resep yang disajikan di video dalam bentuk tulisan. 


5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Toner Wajah

Bicara soal perawatan kecantikan wanita, tak terlepas dari rangkaian skincare seperti salah satunya toner wajah. Apa itu toner wajah? Banyak wanita yang masih meyepelekan penggunaan toner, padahal kandungan dalam toner sangat baik loh untuk kulit wajah.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai alasan kamu harus menggunakan toner, kamu sendiri sudah tahu belum apa itu toner? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Toner Wajah?

Toner yang memiliki nama lain astringent, clarifiera atau water refiner ini adalah salah satu langkah perawatan kulit wajah. Toner memiliki kandungan berbahan dasar air dengan konsistensi bahan-bahan aktif yang dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah kamu.

Biasanya digunakan setelah sabun cuci wajah dan sebelum serum atau pelembab, karena toner dapat menenangkan kulit dan menyiapkannya untuk melanjutkan rangkaian perawatan lainnya.

Toner Wajah

Pada dasarnya toner wajah berfungsi mengangkat sisa kotoran, karena sabun cuci wajah saja tidak cukup.

Dulunya toner dikenal sebagai penyegar kulit wajah, namun kini toner memiliki kandungan yang kaya manfaat untuk kulit. Di antaranya seperti glycolic acid, lactic acid, atau salicylic acid yang berfungsi untuk eksfoliasi.

Semoga menjawab deh, apa itu toner wajah. Selain itu masih banyak lagi kegunaan dan alasan kenapa kamu harus menggunakan toner. Kira kira apa ya? Dari pada kamu menerka nerka yuk lanjut baca pembahasannya di bawah ini.

5 Alasan Harus Menggunakan Toner Wajah

Kalau kamu ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan cantik, jangan coba coba untuk melewati langkah menggunakan toner ya! Seperti yang sudah disebutkan di atas, toner memiliki beragam kandungan yang baik untuk kulit wajah.

Lagipula saat ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan produk toner, serta memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Nah, apa saja ya alasan harus menggunakan toner? Berikut ini penjelasannya.

Menghidrasi Kulit Wajah

Salah satu fungsi utama dari toner wajah adalah menghidrasi dan menyegarkan kulit wajah, sehingga kulit wajah kamu jadi lebih sehat.

Toner yang dapat menghidrasi kulit wajah ini aman kamu gunakan setiap hari, tepatnya setelah mencuci wajah dengan sabun atau facial wash.

Karena ketika kamu mencuci wajah, kelembapan alami kulit ada yang ikut terangkat oleh sabun. Sehingga kamu membutuhkan toner untuk bisa mengembalikan kelembapan kulit.

Selain itu hidrasi kulit yang tepat dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini dan juga bisa sebagai dasar untuk aplikasi make up.

Oleh karena pentingnya toner untuk menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan, saat kamu bepergian jangan sampai lupa membawa toner ya, apalagi saat udara dalam penerbangan yang akan membuat kulitmu kering.

Membersihkan sisa kotoran

Mencuci wajah dengan sabun saja apakah sudah cukup? Kabar buruknya, tidak. Karena masih memungkinkan ada sisa kotoran yang menempel di wajah.

Solusinya adalah dengan menggunakan toner setelah mencuci wajah. Toner bisa membantu kamu membersihkan sisa sisa kotoran tersebut, termasuk juga minyak, dan sisa make up yang sulit terangkat dengan sabun cuci wajah.

Apalagi kalau kamu adalah orang yang memiliki mobilitas tinggi di luar ruangan, polusi, dan debu rentan sekali menempel di wajah, kan?

Setelah menggunakan toner, wajah kamu akan terasa lebih bersih dan segar karena klorin atau mineral yang tidak baik bagi kulit akan terangkat dengan bantuan toner ini.

Mengecilkan Pori-pori

Kebanyakan wanita mengeluh masalah kulit wajah adalah pori-pori yang nampak besar. Selain kotoran jadi lebih mudah masuk dan mendorong produksi minyak berlebih, pori-pori besar ini juga akan mengganggu penampilan kamu saat menggunakan make up.

Tetapi kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan toner, loh. Kandungan yang ada dalam toner bisa membantu mengecilkan pori-pori, sehingga akan lebih sedikit minyak yang mengendap di kulit.

Dengan menggunakan toner, selain segar dan lembab, kulit wajah kamu juga akan lebih sedikit memproduksi minyak yang tentunya akan meminimalisir timbulnya jerawat.

Mengurangi Jerawat

Ada banyak faktor penyebab jerawat, namun pada dasarnya jerawat timbul karena adanya penyumbatan pada pori-pori, serta produksi minyak berlebih.

Di atas kita sudah bahas kalau toner wajah dapat berfungsi membersihkan sisa kotoran, minyak dan racun, serta mengecilkan pori-pori yang menjadi penyebab produksi minyak berlebih.

Oleh karena itu, secara tidak langsung toner berguna sebagai langkah dalam mengurangi jerawat. Yakin kamu masih mau skip menggunakan toner wajah nih? Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa kamu harus menggunakan toner.

Mengembalikan pH Kulit

Siapa sih yang tidak tahu kalau toner wajah berfungsi untuk mengembalikan pH kulit wajah kita. Biasanya kulit wajah memiliki pH sebesar 4,5 sampai 5,5 dan toner akan mengembalikan pH tersebut setelah sebelumnya kulit terasa kering dan jadi basa setelah mencuci wajah.

Jangan heran ya, karena umumnya sabun cuci wajah bersifat basa yang akan menyebabkan kulit wajah kamu jadi basa juga. Tapi jangan khawatir juga dan memilih tidak mencuci wajah dengan sabun. Karena setelahnya kamu bisa mengembalikan pH kulit tersebut dengan bantuan toner.

Cara Menggunakan Toner yang Benar

Setelah tahu alasan kenapa kamu harus menggunakan toner, kamu juga harus tahu bagaimana cara menggunakan toner yang benar.

Karena penggunaan toner yang tepat tentunya akan memberikan hasil yang maksimal. Kamu pasti tidak ingin kan percuma saja menggunakan toner dan tidak mendapat hasil sesuai keinginan.

Kamu bisa menggunakan toner dengan menuangkan secukupnya ke kapas lalu usapkan ke seluruh permukaan wajah. Hindari area sekitar mata, dan tunggu sampai kering atau toner meresap ke kulit wajah secara sempurna.

Ingat ya gunakan toner setelah mencuci wajah dengan sabun, dan sebelum menggunakan serum, pelembab, atau tabir surya dan rangkaian skincare lainnya.

Toner akan membantu tampilan make up kamu jadi lebih maksimal karena dapat menyiapkan kulit wajah menerima tahapan skincare selanjutnya.

Tips Memilih Toner Sesuai Jenis Kulit

Saat ini ada banyak produk toner di pasaran, kandungannya pun beragam disesuaikan dengan jenis kulit.

Menggunakan toner sesuai dengan jenis kulit memang penting, karena toner akan dapat bekerja sesuai permasalahan kulit kamu.

Sudah tahu jenis kulitmu? Sekarang saatnya mengetahui tips memilih toner berikut ini.

Untuk Kulit Kering

Perhatikan kandungan toner saat membelinya ya, hindari kandungan alkohol jika kamu memiliki jenis kulit kering. Karena zat alkohol ini justru dapat membuat kulitmu semakin kering dan kesat.

Sebaiknya gunakan toner dengan bahan lotion supaya bisa membuat kulit lembab, dan terhidrasi dengan baik. Pilihan toner dengan kandungan geranium dan bunga mawar sangat baik untuk pemilik jenis kulit kering.

Untuk Kulit Berminyak

Karena memiliki kulit berminyak, sudah pasti kamu harus memilih toner dengan kandungan aktif mengontrol minyak. Pilih toner dengan zat astringent yang terkandung dalam mentimun atau toner dengan orange bossom, lemon, dan bunga mawar.

Bahan bahan tersebut akan membuat kulit kamu jadi lebih segar dan juga membantu mengecilkan pori-pori.

Untuk Kulit Kombinasi

Pemilik kulit kombinasi ditandai dengan area T-zone (dahi, hidung, sekitar pipi) yang memproduksi minyak berlebih, sementara area lainnya cenderung kering ke normal.

Kamu bisa menggunakan toner wajah yang digunakan si pemilik kulit berminyak, atau balancing toner dengan kandungan witch hazel atau green tea. Sebab kandungan ini bisa menyeimbangkan kadar air dan minyak di kulit wajah.