Cukup Sayur Lodeh di Jerman Sudah Bahagia.

Seru, asyik dan menggemaskan merupakan kata yang selalu terlontar dari vlog Venda dan Swantje. Kali ini mereka membagi kegiatannya saat masak dan makan sayur lodeh sembari menggunakan bahasa Jawa.

YouTube video

Dalam video atau vlog ini terlihat Venda dan Swantje sedang memasak sayur lodeh dengan cara mereka sendiri. Dengan gaya kocak berbahasa Jawa, bule asal Jerman ini nampak lucu saat berbicara.

Video atau vlog yang diposting Venda Vloggt ini lagi-lagi menampilkan Venda dan Swantje, pasangan suami-isti beda negara yakni Indonesia-Jerman serta anak-anak mereka saat santap siang.

Diawali persiapan memasak, Swantje menjadi aktor dengan mengenalkan beberapa bahan yang akan dipakai untuk membuat sayur lodeh dalam bahasa Jawa. Dengan bahasa yang masih belepotan, Swantje yang keturunan Jerman ini sempat lupa dan kesulitan menyebut kata dan bahan makanan dengan bahasa Jawa.

Saat lupa dengan kata dan nama bahan, sang suami Venda pun langsung memberi tahunya dengan bahasa Jawa. Di tengah mempersiapkan bahan makanan, Venda dan Swantje mencoba berpantun atau parikā€™an adalam bahasa Jawa. Tak lupa juga di tengah memasak, Venda merayu Swantje dengan gombalan.

Setelah bahan-bahan sudah siap. Swantje pun memanaskan minyak di atas wajan atau teflon. Sayangnya ketika bahan di masukkan, tangan Venda terciprat minyak panas sehingga harus dikompres dengan gel dingin.

Ketika memasak sayur lodeh dengan tetap menggunakan bahasa Jawa, Swantje tak pernah lepas dari buku panduan. Sementara itu Venda mengatakan bahwa dirinya saat memasak selalu sesuai keinginan, tanpa harus berpatokan pada buku panduan.

Keesokan harinya sayur lodeh yang sudah di masak dimakan bersama oleh Venda dan Swantje dengan lauk ikan dan sambal. Bersama kedua anaknya di meja makan, keluarga ini nampak antuasias menikmati makanannya.

Video ini dibuat oleh Venda Vloggt, 16 Februari 2021, dan telah ditonton 781 ribu kali.


15 Cara Mendapat Uang Dari Menulis Novel, Artikel Dan Blog

Pekerjaan dalam bidang menulis bisa dibilang gampang-gampang susah, harus ada perjuangan yang lebih untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan. Jadi mau mendapat uang dari menulis artikel, novel, cerpen atau blog?

Pekerjaan dalam bidang menulis ini sebenarnya bisa loh jadi kerjaan sampingan kalian untuk mendapatkan uang tambahan selain penghasilan dari pekerjaan utama.

YouTube video
Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Duit | Booktube Indonesia. Video oleh Fathiyah M

Jadi, bagaimana caranya mendapat uang dari menulis dan skillnya?

Mari kita bahas! Kuncinya untuk dapat terbiasa dan mudah dalam melatih skill menulis ini, yakni latihan secara berkala. Selain dapat menumbuhkan berbagai ide baru, kalian juga terbiasa dengan mengetik di computer dengan waktu singkat. Maka, beberapa skill di antaranya:

Artikel Terbaru

Blogger

Skill yang satu ini, sangat bisa di asah dan juga menghasilkan. Dari mana menghasilkannya? Salah satu sumber yang sering diincar oleh para Blogger adalah Google Adsense. Di mana Google Adsense ini adalah platform penyedia iklan online.

Pembaca yang mengklik iklan yang tersedia, maka kalian akan mendapatkan uangnya dari situ.

Content writing

Menjadi penulis konten juga bisa dijadikan profesi kedua kalian. Skill ini lebih menitikberatkan pada memberi informasi selengkap mungkin, sevalid mungkin, dengan menggunakan bahasa yang enak di baca.

Jika kalian sudah bisa mengasah skill ini, tidak menutup kemungkinan content writing akan menjadi salah satu cara mendapat uang dari menulis. Mengingat ada begitu banyak perusahaan yang sangat membutuhkan skill ini untuk memperkenalkan lebih dalam tentang produk yang mereka jual.

Copy writing

Berbeda dari sebelumnya, copy writing lebih menekankan pada ajakan, himbauan dengan menggunakan bahasa yang seunik mungkin untuk menarik perhatian pelanggan.

Copywriting lebih menekankan pada bahasa yang simpel, namun lebih mengena dan to the point pada pembahasan yang di bahas. Untuk penghasilannya, bisa sampai dengan 500 ribu, tergantung dari harga project yang di tawarkan.

Content planner

Skill content planner ini lebih menitikberatkan pada kemampuan kalian dalam merancang outline, serta sasaran konten yang nantinya akan di publish di platform internet. Tujuannya adalah, memberikan informasi kepada pembaca sekaligus bisa mengundang mereka untuk berkunjung ke konten artikel lain yang kalian buat. Biasanya content planner ini sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan, terutama dalam bidang pembuatan copywriting.

Menulis ulang/ rewrite

Skill ini lebih menitikberatkan pada pengolahan kata versi kalian sendiri dengan panduan beberapa sumber yang di jadikan sebagai acuan. Di sini kalian membuat konten dengan pembahasan dan target yang sama, yang membedakan adalah bahasanya saja. Bisa dengan endorse dari penulis aslinya.

Scriptwriting

Skill ini menitikberatkan pada pembuatan script untuk beberapa konten video yang meliputi alur, penokohan, masalah, dan sebagainya.

Skill ini juga melibatkan kemampuan kalian dalam membangun sebuah cerita, di mana nantinya feel dan pesan yang tersirat bisa tersampaikan dengan jelas dan gamblang pada penonton atau pendengar.

Content business

Skill ini lebih menitikberatkan pada pembuatan konten dengan tujuan untuk membantu perkembangan bisnis seseorang. Biasanya skill ini lebih dibutuhkan saat pembuatan proposal kerjasama, penawaran kerjasama dengan perusahaan lain, dan sebagainya.

Nggak main-main untuk skill ini, di mana bisa menghasilkan lebih dari 5 juta untuk satu projectnya.

SEO writing

 Skill ini menitikberatkan pada penulisan artikel dengan panduan SEO di mana terdapat beberapa keyword-keyword tertentu untuk meningkatkan ranking artikel di halaman pertama google pencarian. Jadi, kalian juga harus mengerti beberapa panduan SEO yang di pakai oleh client kalian nanti. Biasanya yang sering di pakai adalah YOAST SEO.

UX writing

Skill ini menitikberatkan pada kemampuan kalian dalam mengemas sebuah pengalaman user tentang suatu hal, entah experience mereka tentang penggunaan aplikasi, produk, atau lainnya. Skill ini menceritakan pengalaman mereka, dan mulai mencari hal yang terpenting dari cerita tersebut yang kalian ubah sebagai sebuah konten.

Penerjemah

Skill ini menitikberatkan pada kalian yang mampu menguasai bahasa asing, entah satu bahasa, atau lebih dari itu. Kalian tinggal mengalih bahasakan suatu konten ataupun buku, dan sebagainya, dari bahasa Indonesia ke bahasa asing, begitu juga sebaliknya. Namun kalian juga harus mengerti dengan peraturan dari penggunaan bahasa asing yang ada.

Jurnalis

Skill ini bukan hanya menuntut kalian untuk bisa merangkai kata menjadi sebuah konten, juga menuntut kalian untuk research berbagai informasi yang ada di sekitar kalian. Biasanya kemampuan ini sangat di butuhkan di beberapa perusahaan TV, dan radio.

Semakin berkembangnya teknologi, kemampuan ini juga sangat di butuhkan untuk beberapa platform seperti podcast, YouTube, dan sebagainya.

Content marketing

Skill ini menitikberatkan pada kemampuan dapat memasarkan sebuah produk dengan membuat konten yang mengundang pelanggan baru agar rasa penasaran mereka muncul dan mulai mencari tahu tentang produk yang di jual di sebuah perusahaan tertentu.

Skill ini juga sangat di butuhkan oleh beberapa perusahaan besar untuk memasarkan produk mereka lebih luas.

Penulis lirik lagu/penyair

Skill ini menitikberatkan pada kemampuan membuat sebuah lirik yang dapat di mengerti, memiliki banyak makna di sana, dan dapat di satukan dengan ritme musik sehingga menjadi satu-kesatuan yang sangat harmoni, dan enak di baca. Kemampuan ini banyak di cari oleh beberapa perusahaan di bidang musik, di mana mereka membutuhkan berbagai penulis lagu yang kreatif, dan sebagainya.

Penulis novel

Skill ini menitikberatkan pada kemampuan kalian dalam membuat sebuah cerita yang memiliki alur, penokohan, konflik, serta penyelesaian yang dapat menjawab premis yang kalian buat sebelum menentukan beberapa komponen di bawahnya.

Kalian juga di tuntut untuk bisa menghidupkan tokoh yang kalian buat, sehingga cerita kalian memiliki feel yang kuat juga.

Creative writing

Skill ini menitikberatkan atas dasar pemikiran kalian, entah tentang fakta yang kalian dapatkan dari sebuah peristiwa tertentu, dan sebagainya. Kemampuan ini tidak ada yang namanya aturan harus sesuai dengan ini dan itu, karena ini adalah skill kepenulisan yang berdasarkan atas pemikiran kreatif dari penulis itu sendiri.

Mendapat Uang Dari Menulis

Platform/ website menulis  online yang bisa menghasilkan

Karena ada beberapa skill di atas, pastinya ada wadah yang dapat membuat skill itu terasah, dan pastinya menghasilkan. Maka beberapa platform ataupun website online yang bisa menjadi wadah kalian untuk mengasah dan mendapatkan penghasilan dari sana, diantaranya adalah:

Aplikasi menulis online bersama

Diantaranya seperti wattpad, novel Me, joylada, novel toon, Hi Novel, dan sebagainya, merupakan beberapa jenis platform menulis online yang di tujukan untuk kalian yang suka membuat cerita novel ataupun cerpen.

Kalian juga bisa berkesempatan untuk karya kalian di bukukan.

Situs menulis online freelance

Contohnya seperti sribulancer, project.co.id, dan beberapa platform situs menulis online lainnya. Beberapa situs ini lebih di peruntukkan untuk kalian yang ingin mengasah dan mendapatkan penghasilan dari skill content writing, copywriting, dan sebagainya. Untuk satu project bisa di hargai sampai jutaan.

Platform Blogger / WordPress

Kedua platform ini sangat cocok untuk kalian yang ingin menjadi penulis professional dengan tujuan memonetisasi google adsense agar menjadi satu jalan kalian mendapatkan penghasilan dari sana. Mulai dari ratusan ribu, sampai jutaan, bisa kalian dapatkan hanya dengan nge-blog saja.

Bagaimana? Sudah dapat idenya cara mendapat uang dari menulis di artikel ini? Silakan tanyakan dibawah, jika ada yang ingin ditanyakan ya.

Related Posts