Bunda, Barang-barang Ini Tidak Boleh Dekat Kulkas, Akibatnya Bisa Fatal

Kamu pasti setuju kalau kulkas adalah salah satu benda elektronik yang penting dan sangat bermanfaat. Dengan adanya kulkas, kamu bisa menyimpan bahan-bahan makanan untuk waktu yang lama. Kamu juga bisa membuat air dingin dan es batu untuk membuat es kesukaanmu.

Namun, apakah kamu tahu kalau ada barang-barang yang sebaiknya tidak kamu taruh di dekat kulkas? Jika kamu menaruh barang-barang tersebut di dekat kulkas, keadaan berbahaya bisa terjadi. Ada beberapa kasus kulkas meledak dan rumah terbakar karena pemilik rumah menaruh benda-benda ini di dekat kulkas mereka.

Jangan Menyimpan Minuman Bersoda di Dalam Freezer

Kalau kamu belum tahu, minuman bersoda mengandung banyak sekali gas karbondioksida. Saat kamu menaruh minuman bersoda di dalam freezer, suhu disekitar minuman bersoda tersebut akan naik secara tiba-tiba. Hal ini akan memperbesar tekanan kaleng atau botol minuman bersoda karena gas yang terkandung dalam minuman bersoda tersebut harus dilepaskan.

Namun, gas tersebut tidak bisa dikeluarkan karena kaleng atau botol minuman bersoda tersebut tertutup rapat. Sehingga saat kamu mengeluarkannya dari freezer dan membukanya, akan terjadi ledakan dari minuman bersoda tersebut. Hal ini tentunya sangat berbahaya.

Menurut seorang fisikawan dari Universitas Virginia di Amerika Serikat, senyawa karbon dioksida bisa menjadi sangat berbahaya dalam keadaan tertentu. Saat minuman bersoda membeku, senyawa karbondioksida yang terkandung akan mengumpul di bagian kecil yang tersisa di dalam kaleng atau botol minuman. Kondisi inilah yang memperbesar tekanan di dalam kaleng yang bisa menimbulkan ledakan saat kaleng atau botol dibuka.

Jangan Meletakkan Dry Ice di Dalam Freezer

Selain minuman bersoda, kamu juga dilarang meletakkan dry ice atau es kering di dalam freezer. Suhu di area freezer biasanya berada di bawah minus 30 derajat Celcius. Suhu di angka ini dapat membantu proses penyubliman dari benda padat ke gas.

Jika dry ice menyublim menjadi gas, volumenya diperkirakan akan menjadi 600 kali hingga 800 kali lebih besar. Bayangkan jika kamu menaruh benda ini di dalam tempat yang tertutup rapat seperti freezer. Dry ice tersebut tentunya akan menimbulkan saat kamu pertama kali membuka freezer.

Ledakan tersebut terjadi karena adanya peningkatan tekanan. Ledakan tersebut tidak akan hanya merusak kulkas, tapi juga tentunya akan melukai orang-orang sekitar. Jadi, hindari meletakkan dry ice di dalam freezer untuk menghindari keadaan berbahaya ini.

Jangan Meletakkan Bahan yang Mudah Terbakar di Dekat Kulkas

Hindari meletakkan bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti bensin atau kompor di dekat kulkas. Benda elektronik ini dengan mudah membuat area ledakan karena volumenya yang terbatas. Jadi, saat terkena percikan api yang kecil sekalipun, hal ini bisa menimbulkan ledakan yang berbahaya dan merugikan.

Mungkin kamu menaruh kompor di dekat kulkas agar lebih praktis saat mengambil bahan makanan dalam proses memasak. Namun, hal ini sangat tidak disarankan. Kompor gas seharusnya diletakkan dalam jarak paling sedikit 3 meter dari kulkas.

Jangan Meletakkan Barang Elektronik Lain di Atas Kulkas

Walaupun kamu kekurangan tempat, sebaiknya jangan meletakkan barang elektronik lainnya di bagian atas kulkas. Contohnya, microwave atau rice cooker. Hal ini dikarenakan suhu panas yang dihasilkan benda elektronik tersebut bisa membuat kulkas menjadi panas.

Peningkatan suhu kulkas ini membuat kulkas mengkonsumsi lebih banyak listrik. Tentunya kamu tidak ingin tagihan listrikmu membengkak, bukan? Selain itu, pancaran gelombang elektromagnetik dari barang-barang elektronik tersebut bisa mengganggu sistem pendingin kulkas.

Artikel Terbaru

Jangan Membersihkan Bunga Es Dengan Benda Tajam

Kulkas menggunakan gas isobutana, yaitu senyawa yang mudah terbakar namun tidak berbau. Gas isobutana ini diletakkan di pipa pembeku yang berada di area freezer. Jika kamu ingin membersihkan bunga es, jangan menggunakan benda-benda tajam seperti pisau atau gunting.

Hal ini dikarenakan jika pipa pembeku yang berisi gas isobutana tertusuk, hal ini bisa menimbulkan ledakan, terutama jika tercampur dengan oksigen. Kamu bisa membersihkan bunga es dengan mematikan kulkas sehingga bunga es akan meleleh dengan sendirinya. Memang membutuhkan waktu lebih lama, namun jauh lebih aman.

Related Posts