Beruntunglah Bunda yang Baca Artikel ini, Cukup Gunakan Botol Bekas, Sayuran di Rumah Bisa Tahan Lama, Ikuti Tipsnya.

Urusan dapur menjadi salah satu hal yang cukup sepele bagi banyak orang. Namun, bagi beberapa orang lain ini adalah urusan yang cukup rumit. Apalagi jika tidak pandai dalam urusan tersebut.

Bisa-bisa beberapa perabot dapur rusak karena keteledoran sang istri. Bahkan, bahan untuk makanan keluarga menjadi tidak terpakai. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan dalam mengurus dapur.

Memang saat ini ada banyak perangkat elektronik yang bisa dipakai untuk membantu urusan dapur. Namun, bagaimana jika tidak memilikinya? Pasti akan kesulitan, bukan? Terlebih lagi saat sangat membutuhkannya.

Namun, saat ini para ibu-ibu tidak perlu khawatir lagi. Ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk kegiatan dapur. Salah satunya adalah menggunakan barang-barang sederhana untuk menyimpan sayuran supaya tetap segar.

a-beruntunglah-bunda

Menggunakan Botol Bekas untuk Mengawetkan Sayuran

Jika di rumah tidak ada lemari pendingin, sebenarnya ada cara lain mengawetkan sayuran. Salah satu caranya adalah memakai botol bekas. Benda tersebut sangat mudah dijumpai karena sering dikonsumsi.

Biasanya, tidak jarang sang anak atau anggota keluarga lain membeli minuman botol. Karena dianggap tidak berguna lagi, biasanya botolnya akan langsung dibuang. Hal tersebut karena botol dianggap sebagai limbah.

Namun, siapa yang menyangka bahwa botol bekas bisa dipakai untuk mengawetkan sayuran. Cara ini sebenarnya bisa dipakai ketika Anda tidak memiliki lemari pendingin, atau lemari pendingin sudah penuh.

Nantinya, sayur hanya perlu dimasukan ke dalam botol saja. Ditambah beberapa perawatan sederhana, maka sayur akan tetap segar dan hijau. Kesegaran sayur ini bisa bertahan beberapa hari.

Memotongnya Menjadi 2 Bagian dengan Mudah

Untuk menggunakannya sendiri sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu membelah botol menjadi 2 bagian. Tujuannya supaya sayuran tersebut bisa masuk ke dalam botol dan tidak rusak.

Namun, sesuaikan saja dengan jenis sayuran apa yang ingin dimasukkan. Misalnya sayur bayam, maka Anda harus memotong botol bekas menjadi 2 bagian atas dan bawah.

Setelah dimasukkan ke dalam botol, tutup kembali dengan rapat. Tujuannya supaya tidak ada penguapan yang terjadi. Dengan begitu, sayur tidak akan mudah layu karena kurang air atau sejenisnya.

Anda sendiri bisa memasukan berbagai macam jenis sayuran. Namun yang jelas adalah apakah wadahnya muat atau tidak. Jika tidak, carilah wadah lebih besar kemudian belah menjadi 2 bagian.

Artikel Terbaru

Menambahkan Sedikit Air Supaya Sayur Tetap Mendapat Nutrisi

Untuk menjaga kesegarannya, sebaiknya Anda berikan sedikit air. Hal ini supaya sayur tersebut tetap mendapatkan nutrisi. Namun tetap ada aturan saat ingin memberikan air dalam wadah botol.

Sebaiknya berikan air yang ketinggiannya tidak melebihi akar sayur tersebut. Ini berlaku untuk sayur yang Anda masukan, misalnya seperti bayam, sawi, kangkung, atau sayur lain.

Untuk beberapa jenis sayur lain tidak perlu diberikan air. Sebagai contoh, jika Anda memasukan jeruk nipis ke dalam wadah, maka sebaiknya tidak memberikan air di dalamnya.

Pemberian air memang penting, namun sebaiknya disesuaikan dengan jenis sayurnya. Jika salah, bukan kesegaran yang didapat, namun malah menjadi busuk. Jadi perhatikan ini dengan lebih baik.

Lebih Sederhana Jika Digunakan Sebagai Wadah

Menggunakan botol bekas sebagai wadah juga dianggap lebih sederhana. Anda tidak perlu takut lemari pendingin lebih kotor. Apalagi kebanyakan orang malas untuk membersihkannya ketika sudah kotor.

Wadah seperti ini juga banyak ditemui di sekitar rumah. Cari saja yang masih bagus dan cuci hingga bersih. Kemudian buang labelnya dan biarkan wadah bening ini memperlihatkan isinya.

Selain itu, wadah botol bekas lebih mudah dibersihkan saat sudah tidak terpakai. Misalnya karena kondisinya sudah tidak layak, maka cukup membuangnya dan menggantinya dengan yang baru.

Cara ini dianggap lebih ampuh daripada menggunakan lemari pendingin. Jadi ibu-ibu di rumah akan lebih ringan menjalankan kewajibannya. Bersih-bersih dapur juga tentunya jauh lebih mudah dilakukan, bukan?

Salah Satu Cara yang Kreatif

Bagi Anda yang memiliki jiwa kreatif, wadah dari botol bekas mungkin bisa menjadi kreasi unik. Bahkan, hal seperti ini bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan untuk mempercantik dapur.

Misalnya menghias atau menggambar wadah tersebut dengan karakter tertentu. Selain lebih cantik, wadah ini juga memperindah meja dapur. Dengan begitu Anda mungkin jadi lebih semangat memasak setiap hari.

Cara sederhana ini tentunya membuat Anda beruntung, bukan? Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengawetkan sayuran di dapur. Jadi, Anda bisa menghemat pengeluaran karena sering membeli sayuran baru.

Related Posts