Berani Uji Nyali Disini? 10 Tangga Tertinggi dan Menyeramkan di Dunia

Ngeri dan bikin kaki gemeter setelah melihat tangga tertinggi dan paling menyeramkan di dunia ini.

Tidak hanya yang phobia ketinggian, para pendaki berpengalaman pun belum tentu berani menaiki beberapa tangga ini.

YouTube video

Nah berikut beberapa tangga tertinggi, berbahaya dan paling menyeramkan di dunia yang diupload Last Teacher.

Pertama, ada Florli Stairs di Norwegia. Tangga ini berada di kawasan pembangkit tenaga listrik. Dengan 4444 anak tangga di ketinggian 739 mdpl, membuat siapapun yang menaikinya akan gemetar. Florli Stairs ini sendiri termasuk tangga terpanjang di dunia dengan bahan kayu.

Kedua, ada Sagrada Familia di Spanyol. Tangga ini berada di sebuah gereja Sagrada Familia di Barcelona yang tak selesai dibangun. Tangga spiral yang tinggi dan berbahaya ini bahkan tidak disarankan dinaiki oleh penderita jantung dan pernafasan.

Ketiga, ada Batu Caves di Malaysia yang merupakan tangga di kawasan kuil agama Hindu. Tangga ini memiliki 272 anak tangga yang berbahaya sebelum mencapai kuil.

Keempat, ada Angkor Wat di Kamboja yang merupakan situs warisan dunia oleh UNESCO. Di sini kita bisa mendapati kuil peninggalan kerajaan Hamr. Untuk mencapainya seseorang harus menaiki tangga yang sangat tinggi dan curam hingga membuat harus berpengangan tangan.

Kelima, ada Pailon del Diablo di Ekuador. Tangga ini berada di sebuah lokasi air terjun. Karena berada di sekitar air terjun maka tangga ini terbilang licin hingga bisa membuat orang terpeleset. Jangan lupa juga waspadai tingkat kecuramannya.

Keenam, ada Rock of Guatapé Staircase di Kolombia. Tangga ini memiliki 649 anak tangga zigzag yang dibuat dari retakan batu monolit. Batu monolit ini sendiri diperkirakan berusia jutaan tahun hingga kemudian dijadikan monumen nasional.

Ketujuh, ada Haiku Stairs di Hawaii. Tangga di sini memiliki 4000 anak tangga yang menajak setinggi 762 mdpl. Dengan lebar 18 inci dan landai, kamu akan mendapati kondisi yang semakin tinggi semakin landai tangganya.

Kedelapan, ada Inca Stairs di Peru. Tangga yang berusia lebih dari 500 tahun ini sangat curam dan licin. Terletak di Pegunungan Andes, di puncak tangga kamu bisa mendapati kuil moon.

Kesembilan, ada Half Dome Cable Route di California, Amerika Serikat. Tangga yang sangat terjal ini berada di taman nasional Yosemith. Dengan ketinggian 1525 meter dan berada di daerah 2682 mdpl didapati tangga yang dilengkapi kabel besi untuk pegangan.

Artikel Terbaru

Kesepuluh, ada Kalavantin Durg Trek di India. Di puncak tangga yang berada di kawasan 701 mdpl ini bisa dijumpai benteng untuk Ratu Kavantin. Namun sebelum sampai ke sana kamu harus melewati tangga yang sangat sempit dan curam. Menyeramkannya lagi tangga di sini tidak dilengkapi pegangan dan dibawahnya didapati jurang.

Video ini dibuat oleh Last Teacher, 13 Februari 2019 dan telah ditonton 12,8 juta kali.


15 Tips Tidur Nyenyak Dan Berkualitas

https://www.youtube.com/watch?v=zbm2L_-FQ8g
2 Hours Relaxing Sleep Music???? Deep Sleeping Music, Meditation Music, Stress Relief Music. Video oleh Hungry Crab

Tidur merupakan salah satu bagian penting dari manusia. karena sepertiga masa hidup dari manusia dipakai untuk kegiatan tersebut. Tidak hanya untuk mengistirahatkan tubuh, tidur juga berperan banyak bagi fungsi tubuh secara fisik dan mental.

Selama kita tidur, tubuh bekerja melakukan perbaikan dan regenerasi sel-sel otot serta kulit, begitu juga hormon tubuh yang bekerja untuk menyeimbangkan kembali sistem organ tubuh. Secara mental, tidur juga menenangkan pikiran sehingga keesokan paginya bisa merasa lebih siap untuk menghadapi hari.

Lama tidur yang disarankan secara medis adalah sekitar delapan jam, akan tetapi sebuah riset menemukan bahwa tidak sampai 50% orang dewasa tidur selama waktu yang direkomendasikan. Hal ini merupakan temuan yang mengkhawatirkan karena tidur yang kurang dapat berpengaruh kepada Kesehatan bahkan sampai bisa meningkatkan resiko penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup, berikut tips-tips yang kami sudah rangkum.

Olahraga yang cukup

Tips Tidur Nyenyak

Jogging, senam, atau olahraga lainnya tidak hanya dapat menurunkan berat badan tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Olahraga rutin dapat meningkatkan kinerja melatonin, hormon yang mengatur kapan tubuh harus aktif dan kapan tubuh harus tidur.

Sebuah studi menemukan bahwa perempuan menopause yang rajin olahraga secara rutin lebih mudah untuk tidur nyenyak di malam hari dibandingkan perempuan menopause yang tidak olahraga sama sekali.

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga kapan olahraga dilakukan. Biasanya, seseorang akan jadi sulit tidur selama tiga sampai empat jam setelah berolahraga. Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan olahraga di pagi hari atau di sore hari saja sehingga tidak kesulitan tidur di malam harinya.

Fungsikan kamar tidur hanya untuk tidur

tips tidur kamar

Jangan jadikan kamar tidur anda sebagai ruang bekerja atau ruang menonton TV. Hal ini karena ritual tidur anda jadi terganggu dengan urusan pekerjaan yang terus masuk atau tayangan acara-acara di TV. Akibatnya, anda jadi tidur terlalu larut.

Selain itu, cahaya dari televisi, layer komputer, dan elektronik lainnya juga dapat membuat mata terlalu lelah sehingga kualitas tidur pun menjadi kurang bagus.

Buat kamar menjadi senyaman mungkin

Suasana kamar mempengaruhi kenyamanan saat tidur. Kamar dengan warna yang terlalu terang, berantakan, dan terlampau berisik bisa membuat tidur jadi tidak nyenyak sama sekali. Aturlah kamar agar terasa lapang dan nyaman dengan pilihan warna dinding yang kalem.

Selain itu, mainkanlah suara ”white noise” selama anda tidur. “White noise adalah suara gemuruh rendah konstan atau dikenal yang dapat menenangkan pikiran jugamenutupi suara bising di luar kamar. Suara tersebut dapat didapatkan dari menghidupkan kipas atau AC, atau memainkan suara ombak atau angin melalui pengeras suara.

Mulai biasakan ritual sebelum tidur

Tips Tidur Musik

Layaknya anak kecil yang tidur lebih nyenyak apabila didongengi dahulu oleh orangtua, orang dewasa juga bisa tidur lebih nyenyak apabila melakukan ritual sebelum tidur. Ritual ini akan mengkondisikan tubuh agar tau kapan akan tidur sehingga terbentuk kebiasaan tidur yang sehat. Buatlah rutinitas sederhana seperti minum teh non-kafein, mendengarkan musik, atau membaca buku sebelum tidur. Niscaya, tubuh akan terbawa rileks dan anda akan lebih mudah mendapatkan tidur yang nyenyak.

Kemudian di pagi hari, lakukan rutinitas bangn yang menyehatkan sehat seperti langsung bangun dari kasur setelah alarm berbunyi, mencuci muka dan sikat gigi, atau berjalan pagi. Dengan ini, anda tidak hanya akan mendapatkan tidur yang nyenyak, tapi juga bangun merasa jauh lebih segar dan semakin siap untuk menyambut hari.

Pastikan tidur dengan perut terisi

Merasa lapar saat tidur sangat mungkin menyebabkan anda terusik saat tidur. Karena itu, pastikan perut anda sudah terisi dengan cukup sebelum tidur.

Ini bukan berarti anda harus makan sekenyang-kenyangnya sebelum tidur karena perut yang terlalu penuh juga bisa menyebabkan anda tidak nyenyak dalam tidur. Hindari makan makanan besar dua sampai tiga jam sebelum tidur. Apabila anda merasa lapar sebelum tidur, makanlah makanan ringan yang sehat seperti beberapa buah potong apel atau biskuit gandum.

Hindari konsumsi kopi, cokelat, atau teh

Kafein yang terkandung pada kopi, teh, atau cokelat akan membuat anda jadi terjaga dan sulit untuk tidur. Karena itu, anda perlu berhati-hati ketika meminum minuman berkafein di sore hari karena bisa saja mempengaruhi kualitas tidur di malam hari.

Apabila anda sudah terbiasa minum the di malam hari, mulailah ganti teh dengan jenis teh non kafein seperti chamomile, rosella, dan peppermint. Chamomile tea memiliki kandungan natural yang dapat membuat anda merasa rileks dan nyenyak saat tidur.

Selain itu, apabila anda sedang mengkonsumsi obat sakit kepala, perhatikan terlebih dahulu label komposisi obat tersebut karena beberapa obat sakit kepala mengandung kafein di dalamnya.

Rilekskan pikiran

Deadline kerja, tagihan bulanan, serta urusan-urusan lainnya yang membuat diri anda stress dapat menurunkan kualitas tidur. Stress akan menstimulus hormon-hormon di tubuh yang membuat diri jadi terjaga dan sulit untuk tidur.

Karena itu, apabila anda ingin tidur nyenyak, tenangkalah dahulu pikiran dengan melakukan kegiatan melepas stress seperti menulis diari, melakukan meditasi, atau beribadah.

Gunakan bantal berkualitas tinggi

Apabila anda selalu tidak nyaman saat tidur serta selalu bangun dengan tubuh yang terasa kaku dan leher yang nyeri, bisa saja penyebab kualitas tidur anda yang buruk adalah bantal. Bantal berkualitas bagus adalah bantal yang mampu menopang leher dengan tinggi yang sesuai dengan tubuh. Bantal yang terbuat dari memory foam adalah salah satu contoh bantal yang baik untuk postur tubuh karena bentuknya akan menyesuaikan posisi tubuh anda.

Gunakan aromaterapi

Aromaterapi dapat membuat ruangan tidur anda menjadi lebih harum dan nyaman untuk ditiduri. Anda dapat memilih lavender sebagai aromaterapi di dalam kamar tidur anda karena berbagai riset telah menemukan bahwa lavender dapat membuat detak jantung serta otot menjadi lebih rileks sehingga tidur pun bisa menjadi jauh lebih nyenyak.

Hindari tidur siang terlalu lama

Untuk tidur di malam hari yang lebih berkualitas, hindari tidur siang terlalu lama. Semakin lama anda tidur siang, maka semakin sulit bagi anda untuk tidur di malam hari. Waktu paling maksimal untuk tidur siang yang tidak akan mengganggu tidur di malam hari adalah dua puluh menit.

Apabila anda merasa sangat mengantuk atau merasa Lelah di sore hari, adna bisa melakukan jalan santai di sore hari, berbincang dengan teman, makan cemilan yang sehat atau melakukan kegiatan lain yang menyegarkan tubuh.

Berhenti merokok

Sama seperti kafein, nikotin yang terkandung pada rokok juga akan menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur. Lebih parah lagi, bagi perokok jangka panjang, nikotin yang berlebihan dapat menyebabkan insomnia.

Selain itu, rokok juga merusak kinerja paru-paru sehingga kualitas tidur juga bisa terpengaruh karena kesulitan dalam bernafas. Karena itu, ada baiknya bagi perokok untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok apabila ingin kualitas tidur yang baik.

Bersihkan Kasur secara Rutin

Tips Tidur Kasur

Tungau, debu, dan kotoran-kotoran lainnya pada kasur dapat menimbulkan reaksi energi mulai dari gatal-gatal sampai batuk bersin. Akibatnya, tidur pun menjadi tidak nyaman.

Karena itu, lakukan pembersihan mendalam atau deep clean pada kasur anda setidaknya sekali dalam setahun.  Alas juga kasur anda dengan sprei yang diganti setidaknya dua kali sebulan supaya anda merasa nyaman saat tidur.  

Pastikan Diri Terpapar Sinar Matahari Saat Pagi/ Siang

Melatonin adalah hormon tubuh yang berfungsi untuk mengatur kapan tubuh harus bangun atau tertidur. Sinar matahari terang akan mempengaruhi hormon melatonin untuk membuat tubuh menjadi sepenuhnya bangun. Karena itu, biasakanlah untuk membuka jendela kamar atau keluar rumah sejenak setelah supaya melatonin bisa langsung bekerja dan anda jadi merasa lebih segar dan siap beraktivitas.

Gunakan Lampu Tidur             

Tak hanya bereaksi terhadap cahaya matahari, melatonin juga bereaksi pada cahaya redup atau gelap. Apabila anda hendak tidur, matikan lampu utama ruangan dan hanya hidupkan lampu tidur yang lebih redup. Dengan ini, hormon melatonin akan mensinyalkan tubuh untuk tidur dan perlahan anda pun akan tidur dengan pulas.

Konsultasi pada dokter  

Terkadang, kesulitan tidur merupakan tanda bahwa anda sedang menderita sebuah penyakit. Apabila anda telah mengusahakan sebaik mungkin untuk tidur nyenyak namun masih sulit untuk tidur nyenyak, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter.

References:

Related Posts