Bagaimana modal 900 ribu jadi 1,4 milyar dalam 3 bulan tanpa hutang.

video oleh: Christina Lie

Luar biasa perjalanan Arli Kurnia, sang pakar pelunas hutang. Beliau yang awalnya tidak punya modal apa-apa bahkan dari nol bersama istrinya bisa membangun bisnis hingga omset milyaran rupiah. Padahal sempat beli susu anakpun duitnya tidak cukup.

Setelah muak dengan kehidupannya yang serba bayar angsuran tiap bulan demi gaya hidup dan pengakuan, Arli bersama istri bertekad mengubah arah hidup keluarganya. Menjual semua harta benda untuk bayar hutang hingga dalam sebulan bisa bayar lunas hutang.

Arli bercerita di channel Youtube Christina Lie, pendiri 101Red.com yang mengajarkan dan menyediakan ilmu tentang bisnis bagi orang banyak bahwa cara paling mudah menghasilkan uang ialah mengutamakan profit.

Lunas Hutang Hingga Omset 1,4 Milyar dalam 3 Bulan

Perubahan hidup besar Arli bermula ketika dia sama sekali tidak punya materi maupun pekerjaan sama sekali. Dari awalnya kerja di MLM kemudian karena kehidupan keluarga tidak kunjung membaik malah semakin capek, dia marah dengan kondisi membosankan tersebut.

Setelah berdiskusi serius dengan isterinya, Arli sepakat akan menjual semua mobil dan menghentikan cicilan yang membuat angsuran bulanannya sangat besar. Hal ini kemudian membuat Arli semakin fokus memperbaiki kondisi.

Berkat dukungan isteri, Arli mulai usaha dengan jualan penguat sinyal di facebook. Sembari belajar ilmu dan pengetahuan seputar bisnis dan cara menghasilkan uang di internet, Arli terus berjuang memenuhi kebutuhan keluarga.

Hingga suatu hari dia menemukan ide untuk berjualan penghemat BBM di internet. Tidak memiliki modal, Arli terus berusaha sendiri agar bisa menjualkan produk tersebut, hingga akhirnya dia melakukan pemesanan serta mempelajari bahannya sendiri.

Akhirnya Arli membungkus sendiri produk penghemat bahan BBM yang ciptakannya hanya sekedar memberi makan anak dan isterinya. Berkat kegigihannya, semakin banyak teman-teman dan orang yang kenal serta membeli produknya.

Karena pengalaman buruk di masa lalu, Arli semakin bijak memanfaatkan kesempatan. Meskipun sudah banyak omset, dia lebih mengutamakan membuat pabrik produknya daripada langsung membangun rumah dan sebagainya.

Akhirnya dalam hitungan tiga bulan, omsetnya mencapai 1,4 Milyar dari yang sebelumnya masih tidak ada apa-apa. Tidak hanya di situ, dia terus membantu banyak orang untuk mengatasi hutang maupun solusi menghasilkan banyak uang dari buka dan seminar gratisnya.

Sumber Video : Akun Youtube Christina Lie. Tanggal Penerbitan : 11 Juli 2019. Jumlah View : 12,8 Juta


Naik turun dalam kehidupan merupakan sesuatu yang normal, tetapi pada kenyataannya menjalani kehidupan ketika sedang merasa di bawah sangatlah sulit. Terutama ketika kesulitan-kesulitan datang dari hal-hal yang di luar kendali kita, seperti misalnya kejadian-kejadian pada tahun 2020 ini yang menimpa seluruh orang di dunia. Di masa sulit seperti ini, kita menjadi cenderung pesimis dan selalu negatif dalam melihat segala sesuatu.

Pandangan negatif tersebut apabila terus dibiarkan nantinya akan mempengaruhi sikap serta perilaku kita. Kalau  terus dibiarkan, ujung-ujungnya kita akan menjadi pribadi yang selalu berpikir negative sehingga orang lain tidak nyaman.

Pada dasarnya, berpikir positif merupakan hal yang bisa diubah dengan cara mengubah kebiasaan diri sendiri. Kali ini kami akan membahas kebiasaan-kebiasaan apa yang mampu membuat anda menjadi pribadi yang selalu berpikir positif meskipun sedang berada di masa sulit,

Tips Berpikir Positif Dengan Senyum

Tubuh manusia jauh lebih cerdas dari yang kita kira. Otak memiliki memori tersendiri bahwa diri kita terseyum ketika sedang senang. Ketika tersenyum, tubuh mengingat otot-otot yang bekerja ketika tersenyum kemudian akan berpikir anda tengah merasa senang. Pada akhirnya, anda pun menjadi benar-benar merasa lebih senang dari sebelumnya.   

Sebarkan positivitas melalui tindakan sederhana

Manusia adalah makhluk sosial, karenanya tindakan serta ucapan yang dilakukan akan mempengaruhi orang-orang yang berada di sekitar kita. Oleh karena itu, akan lebih baik bagi diri sendiri untuk melakukan tindakan-tindakan yang positif sehingga dapat menular ke orang-orang sekitar.

Tindakan-tindakan positif yang dapat dilakuan misalnya seperti selalu berterima kasih ketika dibantu orang lain, menanyakan kabar kepada teman yang sudah lama tidak ditemui, atau bahkan sekedar tersenyum ketika berpapasang dengan orang asing. Hal-hal kecil ini mungkin terlihat sederhana, akan tetapi sesungguhnya sangat berpengaruh kepada orang lain. Hasilnya, baik anda ataupun orang-orang sekitar anda menjadi lebih positif dalam menjalani hari.

Dengarkan lagu yang membuat diri senang

Sebuah penelitian menemukan bahwa mendegarkan musik akan mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan hormon dopamin. Ketika aktif, hormon dopamin dapat membuat seseorang menjadi merasa bahagia. Karena itu, dengarkanlah musik yang anda sukai supaya anda merasa senang dan dapat menjalani hari dengan pandangan yang positif.

Isi waktu senggang dengan kegiatan bermanfaat yang disukai

Di dalam waktu senggang, carilah hobi atau kegiatan yang menyenangkan hati anda seperti misalnya berkebun, menjadi guru sukarela di sebuah panti asuhan, atau hal-hal lainnya yang tidak hanya berguna bagi orang lain tapi juga anda sepenuhnya nikmati.

Tips berpikir positif ini, mengisi waktu dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti akan membuat diri menjadi merasa lebih berarti dan ujung-ujungnya anda menjadi merasa lebih positif saat menjalani hidup.

Bergaul dengan orang-orang yang positif

Anda adalah rata-rata dari orang-orang di sekitar anda. Ini artinya, apabila anda ingin menjadi pribadi yang positif dan optimis, bergaul lah dengan orang yang memiliki pandangan yang positif pula. Dengan mendekatkan diri dengan orang-orang yang positif, maka anda pun terbawa menjadi lebih positif.

Meditasi

Luangkan waktu untuk melakukan meditasi, meskipun hanya beberapa menit saja. Meditasi bisa menjadi waktu di mana anda bisa beristirahat dari hiruk pikuk kehidupan serta refleksi diri. Apabila anda beragama, ibadah juga merupakan bentuk meditasi yang tak hanya membuat diri menjadi tenang tapi juga dapat mendekatkan diri kepada Tuhan.

Usai meditasi, niscaya anda akan merasa lebih tenang dan mampu mengkontrol emosi dengan lebih baik.

Fokus pada hal-hal yang bisa dikerjakan

Manusia pada dasarnya hanya bisa berusaha. Sebaik-baiknya kita berusaha, pasti ada saja kejadian-kejadian tidak terduga yang menimpa. Ketika anda mengalami kesulitan karena hal-hal di luar kendali, jangan biarkan diri untuk terlarut dalam meratapi kesulitan yang dialami. Ingatlah bahwa kita hanya bisa mengkontrol apa yang bisa kita kontrol, orang lain serta keadaaan merupakan hal yang di luar kendali kita.

Misalnya ketika anda sedang bekerja dalam sebuah tim dan rekan anda sangat sulit untuk diajak kerja sama. Alih-alih mengeluh dan selalu marah terhadap rekan kerja, fokuskan diri kepada hal-hal yang anda bisa lakukan misalnya meminta arahan dari atasan anda atau menambahkan personil baru di dalam tim anda.

Refleksi diri ketika mulai berpikir negative

Ketika seseorang merasa stress, biasanya mereka akan merasa kewalahan dan kesulitan untuk berpikir jernih. Karena itu, apabila anda merasa demikian, tenangkan diri sejenak kemudian bertanyalah kepada diri sendiri:

  • Apa saja hal-hal positif yang ada di situasi ini?
  • Apa yang akan terjadi apabila saya bisa melewati situasi ini?

Refleksi diri dengan menanyakan dua pertanyaan sederhana tadi berguna untuk menenangkan diri sambil memproses situasi yang tengah terjadi. Pada akhirnya, anda pun menjadi merasa lebih termotivasi untuk berjuang melewati situasi yang dihadapi secara optimis.

Rehatkan diri sejenak apabila mulai lelah

Seseorang cenderung akan menjadi lebih negatif ketika sedang lelah. Karena itu, penting untuk berhenti dan rehat ketika diri sedang lelah. Jadikan satu hari sebagai ”me time” atau waktu bagi diri anda sendiri. Lakukan kegiatan yang anda sukai, misalnya jalan-jalan ke taman, membaca buku, atau makan di restoran yang selama ini anda ingin coba. Tidak ada salahnya juga apabila anda hendak mengambil cuti barang sehari dua hari apabila memang benar anda sangat membutuhkan istirahat.

Pada akhirnya, anda yang paling tahu kapan anda butuh istirahat. Jangan paksakan diri terus-terusan karena dampaknya nanti malah makin buruk kepada diri anda sendiri.

Terima kritik orang dengan lapang dada

Mendengar kritik dari orang merupakan hal yang paling sulit untuk dihadapi, apalagi kalau kritiknya sangat pedas dan negatif. Akan tetapi, jangan biarkan kritik tersebut membuat merusak hari.

Anggap kritik sebagai masukan dari orang lain terhadap pekerjaan yang anda kerjakan. Bisa saja memang orang yang memberi kritik ini ingin membantu anda untuk menjadi lebih baik.

Apabila anda tetap tersinggung dengan kritik yang diberikan, jangan turuti kata hati untuk marah. Tarik nafas dan dengarkan dahulu. Ambil waktu lebih untuk menenangkan diri kemudian ketika emosi mulai mereda, barulah anda bisa angkat bicara.

Jangan biarkan rasa takut menguasai diri

Ketika sedang mencoba hal baru, seringkali rasa takut akan ketidakpastian menguasai diri. Anda jadi memikirkan segala kemungkinan buruk yang akan terjadi dan sulit untuk terus maju. Ketika hal ini terjadi, luangkan waktu untuk bertanya: “Apa benar kemungkinan-kemungkinan buruk yang saya pikirkan benar-benar mungkin terjadi?”

Seringkali, kemungkinan buruk yang terlintas di benak merupakan wujud dari keraguan diri. Ketika anda tengah mengalami ini, berusahalah untuk berpikir serasional mungkin. Bila perlu, bicaralah dengan orang-orang sekitar anda supaya mereka bisa meyakinkan anda bahwa apa yang anda takutkan tidaklah benar.

Hindari orang-orang yang negative

Sulit untuk selalu berpikir positif apabila teman-teman di sekitar anda gemar mengeluh serta selalu negatif. Apabila orang-orang di sekitar anda tetap negatif meskipun anda sudah berusaha untuk mengubahnya, mungkin ini adalah tanda bagi anda untuk mulai memberi jarak dari mereka.

Ingatlah bahwa diri anda sendiri merupakan prioritas. Membiarkan diri terlarut di dalam lingkaran orang-orang yang selalu berpikir negative hanya akan membuat anda terpengaruh menjadi pribadi dengan pandangan negative pula. Jangan ragu untuk mulai menghindar dan lebih memilih untuk mendekatkan diri dengan orang yang lebih positif.

Olahraga

Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar, olahraga yang rutin dapat mengaktifkan hormon dopamin dan serotonin, dua hormon salah satu fungsinya adalah membuat seseorang merasa bahagia.

Olahraga juga bisa menjadi ajang ”me time” bagi anda setelah melewati hari yang panjang di pagi hari.

Perhatikan Kesehatan diri

Seseorang yang memiliki tubuh yang bugar dan sehat cenderung lebih mudah untuk menjalani hari dengan positif. Hal ini karena mereka tidak merasakan sakit yang dapat menyusahkan hari. Karena itu, jagalah kesehatan diri anda dengan baik, Biasakan untuk rutin berolahraga, makan-makanan cukup, serta tidur dengan waktu yang cukup.

Jangan ragu untuk meminta pertolongan saat kesulitan

Pada suatu titik, seseorang pasti akan mengalami masa di mana segala sesuatu terasa begitu berat. Ketika anda mengalami situasi ini, meminta pertolongan atau bersandar kepada orang lain tidak akan pernah salah. Pada akhirnya kita hanyalah manusia yang memiliki banyak keterbatasan. Semua orang tidak bisa melakukan semua hal sendiri. Kita semua membutuhkan satu sama lain. Jangan merasa tidak enak hati atau sungkan karena meminta pertolongan dari orang lain adalah hal yang sangat wajar.

Sumber: