Amazing… Bocah 23 Bahasa, Putu Rista Unjuk Kemampuan

YouTube video

Keren..!! Amazing..!! Itulah ungkapan setelah melihat Putu Rista yang mampu berbicara dalam 23 bahasa asing. Untuk membuktikan kemampuannya, Putu Rista pun tak ragu untuk berbicara dan berkomunikasi dalam beberapa bahasa asing yang dimilikinya.

Inilah kisah seorang anak SD di Karangasem, Bali yang memiliki kemampuan berbicara dalam 23 bahasa asing. Dalam wawancara ini Putu Rista mampu membuktikan kemampuannya tersebut dengan baik.

Dalam video acara CNN Indonesia ini dihadirkan bintang tamu Putu Rista, seorang anak di Bali yang memiliki kemampuan 23 bahasa asing secara video conference. Acara yang dipandu oleh anchor berita CNN Indonesia tersebut memperlihatkan wawancara jarak jauh dengan Putu Rista.

Setelah membuka acara, anchor CNN Indonesia langsung menghadirkan Putu Rista secara video conference. Putu Rista yang berada di Karangasem, Bali ini memang anak yang luar biasa dan berbeda dari anak-anak lainnya karena dirinya memiliki kemampuan 23 bahasa asing.

Setelah tersambung dengan Putu Rista secara video conference, anchor pun memulai wawancaranya. Pertama, anchor bertanya apa saja bahasa yang dikuasai Putu? Di sini bocah multibahasa tersebut menyebut ada 23 bahasa asing yang dikuasai seperti Inggris, Jerman, Rusia, Rumania, Italy, Spanyol, Denmark, dan lainnya.

Untuk membuktikan kemampuannya, Putu Rista yang saat itu masih berjualan kartu pos ini memperkenalkan diri dalam bahasa Jerman dan Perancis. Putu mengatakan bahwa dirinya belajar secara otodidak dengan melihat guide dan wisatawan yang datang di Besakih.

Saat ditanya apa bahasa yang ingin dikuasai, Putu mengatakan bahwa ingin bisa bahasa India. Tujuan Putu belajar bahasa asing ini adalah untuk jualan kartu pos dan juga untuk komunikasi.

Putu sendiri berjualan kartu pos awalnya untuk menghindari kesepian di rumah karena kedua orangtunya yang bekerja. Keseharian Putu sendiri yaitu sekolah jam 7 pagi -12 siang, lalu jualan sampai jam 5 sore dan setelah itu belajar di rumah.

Saat ditanya cita-citanya, Putu mengatakan bahwa dirinya ingin menjadi guide, dokter dan guru. Dirinya juga mengungkapkan bahwa ingin ke negara Perancis dan Jerman.

Video ini dibuat oleh CNN Indonesia, 16 September 2016, dan telah ditonton 8 juta kali.


7 Cara Mudah Memulai Bisnis

Semua yang kita lakukan membutuhkan sebuah tindakan untuk meraih apa yang kita inginkan apa lagi didalam dunia bisnis. Dimana bisnis adalah suatu hal yang menakutkan karena harus berani gagal dan juga menggiurkan karena kegegalan membawa keberhasilan dan keuntungan besar.

Oleh sebab itu, kita membutuhkan suatu cara mudah seperti halnya cara proses langkah bayi dimulai dari Tengkurap, Mengangkat Kepala, Duduk, Merangkak, Berdiri, dan Berjalan.

Selain itu, kebayakan orang juga beranggapan bahwa bisnis perlu modal yang besar, ruang yang luas, dan harus menyediakan lokasi khusus untuk tempat usaha. Padahal sebetulnya, bisnis bisa dijalankan dari mana saja, dan tidak semuanya harus seperti itu. Dan tentunya, Selain pengalaman akan bertambah banyak, kita pun akan ulet, tahan banting, lebih kreatif, dan bertanggung jawab.

Artikel Terbaru

Dan perlu diingat untuk memulai usaha anda harus mempunyai mimpi atau suatu hal yang anda cinta atau sukai. Dimana nanti akan membuat apa yang anda lakukan lebih mantap tanpa beban.

Tidak perlu takut meskipun mimpi atau ide anda sama dengan orang lain.

Yang penting anda harus punya sesuatu yang unik, supaya orang tertarik untuk datang ke tempat anda baik dalam promosi, produk, suasana tempat bisnis, dan tentunya komunikasi atau pelayanan lebih ke calon pelanggan anda.

Berikut ini adalah 7 Cara Mudah Memulai Bisnis

1. Tentukan Ide

Ide usaha adalah hal pokok dan utama dalam membuat suatu bisnis. Anda dapat menentukan ide bisnis dari hal terkecil dahulu, seperti apa yang anda minati, sukai atau bahkan anda bisa menggunakan hobi anda untuk memulai bisnis. Banyak sekali pengusaha sukses yang memilih bidang bisnis yang disukai. Sehingga anda mampu dan berusaha mengembangkan bisnis yang anda miliki, dengan perasaan senang hati dan tidak ada rasa bosan muncul.

2. Visi dan Misi Usaha anda

Visi Dan Misi nanti akan mendorong anda untuk tetap pada jalur bisnis yang anda kembangkan. Sehingga dapat terkonsep dengan matang dalam menunjang pengembangan usaha yang dibangun. Dan tidak kalah penting adalah nama bisnis atau usaha anda. Penamaan bisnis adalah merek dagang penting yang harus dimiliki. Jadi pikirkan nama bisnis yang terbaik anda.

3. Buat Rencana Bisnis

Sebuah rencana bisnis adalah jalan penting bagi keberhasilan bisnis anda. Untuk lebih jelasnya dibawah ini:

  • Buat ringkasan dan rencana bisnis Anda secara keseluruhan dan menyentuh profil perusahaan dan tujuan.
  • Deskripsi perusahaan Anda memberikan informasi tentang apa yang Anda lakukan, apa yang membedakan bisnis Anda dari orang lain, dan pasar bisnis Anda berfungsi.
  • Sebelum meluncurkan bisnis Anda, adalah penting bagi Anda untuk penelitian industri bisnis Anda, pasar dan pesaing.
  • Setiap bisnis terstruktur berbeda. Cari tahu organisasi terbaik dan struktur manajemen untuk bisnis Anda.
  • Apa yang Anda jual? Bagaimana hal itu menguntungkan bagi anda dan pelanggan Anda?
  • Bagaimana perencanaan untuk pasar bisnis Anda? Apa strategi penjualan Anda?
  • Dan terakhir keuangan dan dana bisnis anda.

4. Riset Market

Melakukan riset pasar adalah komponen yang penting jika mau berbisnis. Karena hal ini akan membawa anda pada pemikiran kedepannya. Apakah bisnis yang anda jalankan kedepannya bekembang dengan baik atau tidak.

Anda dapat melakukan riset pasar dari hal sederhana, baik dalam gaya hidup masyarakat setempat atau anda bisa memperluas pandangan gaya masyarakat wilayah yang lebih luas. Selain itu daya beli dan selera masyarakat atau konsumen juga berpengaruh pada perkembangan bisnis anda.

Setelah anda mengetahu dan mempunyai data riset dalam jangka waktu kedepan, maka peningkatan kualitas bisnis anda akan mudah anda lakukan di kemudian hari.

5. Suatu tindakan nyata

Setelah meriset pasar, Sekarang saatnya anda untuk melakukan tindakan nyata. Action adalah suatu tindakan yang sangat-sangat berpengaruh dalam ide yang anda miliki.

Suatu ide tidak akan tercipta jika tidak ada tindakan nyata. Dan suatu tindakan tidak akan berjalan lurus jika tidak ada suatu ide yang anda pegang sebagai tujuan bisnis anda.

6. Pilih Lokasi Bisnis anda

Perkembangan dan kemajuan suatu bisnis juga berpengaruh pada lokasi tempat bisnis yang anda jalankan. Memilih lokasi bisnis adalah keputusan yang paling penting seorang pemilik bisnis, sehingga membutuhkan perencanaan dan penelitian yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih lokasi bisnis yang tepat.

  • Brand Image =suatu jenis produk atau jasa yang anda bisniskan.
  • Kompetisi = bisnis di sekitar Anda komplementer atau bersaing?
  • Pasar Tenaga Kerja Lokal = dimana anda suatu saat ingin memiliki karyawan potensial?
  • Rencana untuk Pertumbuhan Masa Depan = Jika Anda mengantisipasi pertumbuhan lebih lanjut, mencari bangunan yang memiliki ruang ekstra harus Anda membutuhkannya.
  • Keselamatan = Pertimbangkan tingkat kejahatan. Akan karyawan merasa aman sendirian di gedung atau berjalan ke kendaraan mereka?

7. Meminta Saran Dan Belajarlah Dari Profesional

Kita tahu bahwa di atas langi masih ada langit. Oleh sebab itu, mintalah saran dan berlajarlah dari seseorang yang profesional di bidang bisnis yang anda lakukan.

Bisnis adalah suatu timbal balik antar sesama. Jadi anda tidak dapat melakukannya sendiri. Selain itu, anda juga dapat belajar dari kegagalan mereka.

Related Posts