Inilah 8 Desa di Indonesia dengan Selokan Mirip di Jepang

YouTube video

Sempat viral beberapa waktu lalu, beberapa desa di Indonesia menjadikan selokan sebagai kolam ikan.

Disini bisa kita lihat beberapa desa di Indonesia yang mampu menyulap selokan layaknya sungai bersih. Bahkan, tidak tanggung-tanggung warga desa sampai memelihara ribuan ikan nila untuk memanfaatkan selokan.

Video ini sendiri merupakan Channel Youtube dan dijadikan satu oleh Channel Youtube Infonesia.

Desa yang Mampu Menyulap Selokan Menjadi Kolam Ikan

Desa pertama yang disebutkan adalah Kampung Mrican Yogyakarta. Kampung ini berhasil menyulap saluran irigasi menjadi rumah untuk ikan hias dan konsumsi. Lokasinya sendiri berdekatan dengan Sungai Gajah Wong.

Desa kedua adalah Kampung Dukuh Yogyakarta. Selokan yang sebelumnya kotor dan penuh sampah saat ini sudah berubah menjadi lebih bersih. Hal itu terlihat dalam video berdurasi 12 menit tersebut.

Tempat ketiga juga masih ada dalam kawasan Yogyakarta, tepatnya ada di Dusun Singosaren, Bantul. Selokan disulap menjadi lebih bersih tanpa adanya sampah dan sekarang menjadi tempat tinggal ribuan ikan nila.

Selanjutnya ada Desa Pluneng di Klaten yang juga mampu mengubah saluran air menjadi lokasi budidaya ikan. Meskipun tidak terlalu luas, terlihat ada ratusan ikan hidup.

Kampung Klodran Karanganyar juga mampu menyulap saluran air yang sebelumnya bau menjadi lebih bersih. Meskipun ikan didalamnya pernah mati massal, namun warga sekitar bangkit kembali menebar bibit ikan.

Kampung Jajag Banyuwangi juga melakukan hal serupa. Berawal dari keprihatinan terhadap aliran air yang sering menjadi tempat pembuangan sampah, warga desa akhirnya mengubahnya jadi kawasan kolam ikan.

Banyuwangi juga memiliki tempat lain yang menjadikan saluran air menjadi kolam ikan. Kampung Kluncing mampu menyulap saluran air yang sebelumnya penuh sampah jadi lebih bersih.

Terakhir ada Kampung Bendungan Bogor yang mampu menjadi wilayah percontohan di Jawa Barat. Desa ini mendapatkan 2 penghargaan tingkat provinsi sekaligus.

Video berdurasi 12 menit 57 detik ini sendiri sudah ditonton lebih dari 395 ribu kali. Selain itu, Channel Youtube dari Infonesia sendiri juga cukup populer dengan 1,51 juta subscriber.

Artikel Terbaru


AC Standing

Pendahuluan: AC Panasonic CS-J28FFP8 merupakan AC standing dengan fitur-fitur canggih seperti pengaturan otomatis untuk mengaktifkan kipas hingga restart. Dengan harga terjangkau, AC Panasonic CS-J28FFP8 menawarkan kemudahan dari segi penempatan hingga pemindahan untuk kenyamanan pemakaian di dalam maupun luar ruangan. 

Keberadaan perangkat elektronik seperti pendingin atau penyejuk ruangan tak dinyana membantu masyarakat untuk mengatur temperatur, terutama saat menghadapi hari-hari panas nan lembap. Di antara sekian banyak produk yang ditawarkan, AC standing Panasonic CS-J28FFP8 hadir sebagai salah satu perangkat yang dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. 

Fungsi dan penggunaan AC Panasonic CS-J28FFP8

Berbeda dengan air conditioner yang diinstal di dinding, AC standing ditaruh di permukaan lantai selayaknya lemari atau kulkas. Bentuknya yang praktis dan fleksibel pun memungkinkannya untuk dipindahkan tanpa perlu bongkar-pasang. Hal ini disebabkan AC standing tak menggunakan pipa penghubung selayaknya AC biasa.

Secara garis besar, fungsi AC Panasonic CS-J28FFP8 hampir sama dengan AC dinding, yakni membuat suhu ruangan lebih sejuk dan menjaga sirkulasi udara supaya tetap stabil. Hanya saja, penggunaan AC standing lebih variatif karena mudah dibawa ke mana-mana. Selain dipasang di dalam ruangan (indoor), perangkat elektronik ini pun sering diandalkan untuk acara outdoor seperti syukuran, resepsi pernikahan, maupun pameran.

Fitur-fitur AC Panasonic CS-J28FFP8 beserta manfaatnya

Meski dari cara kerja hampir sama dengan air conditioner, ada beberapa fitur yang hanya akan jumpai di AC Panasonic CS-J28FFP8, antara lain:

  • Timer on/off. Apa Anda termasuk orang yang sering lupa menyalakan atau mematikan pendingin ruangan? AC Panasonic CS-J28FFP8 menyediakan pengaturan timer on/off hingga 12 jam yang bisa diaktifkan sesuai kebutuhan;
  • Restart otomatis. Fitur selanjutnya yang memudahkan Anda memakai AC Panasonic CS-J28FFP8 adalah random auto restart. Dengan fitur tersebut, AC standing bisa menyala secara otomatis sesuai pengaturan Anda;
  • Auto fan mode. Kemudian, ada auto fan mode, mode pengaturan otomatis lainnya yang berkaitan dengan kipas dalam AC Panasonic CS-J28FFP8. Dengan fitur ini, kipas dapat diaktifkan berdasarkan kebutuhan untuk menghemat pemakaian listrik;
  • Self-diagnostic. Seperti beberapa pendingin keluaran terbaru, AC Panasonic CS-J28FFP8 sudah dilengkapi fitur self-diagnostic yang membantu perangkat mendeteksi masalah atau kerusakan, sehingga bisa segera Anda perbaiki;
  • Auto freezing control. Ingin mengaktifkan pengaturan pendinginan? AC Panasonic CS-J28FFP8 punya auto freezing control yang memungkinkan perangkat mendinginkan suhu sesuai keperluan ruangan.

Daya tarik dan keunggulan AC Panasonic CS-J28FFP8

Fleksibilitas bukan satu-satunya daya tarik yang ditawarkan AC Panasonic CS-J28FFP8. Dari segi desain, jenis pendingin ruangan ini lebih dinamis dibandingkan AC dinding. Alhasil Anda bisa menyesuaikannya dengan interior rumah. Adapun keunggulan-keunggulan yang akan Anda peroleh saat memakai AC standing, yaitu

  1. Harga yang lebih terjangkau

Anda yang sedang membutuhkan pendingin ruangan dengan harga murah bisa mempertimbangkan AC standing. Mengapa? Seperti yang disebutkan, perangkat ini tak membutuhkan pemasangan atau pembongkaran, sehingga Anda hanya tak perlu mengeluarkan biaya jasa instalasi. Produsen pun menyediakan panduan yang dapat diikuti untuk pemasangannya.

Ketika menempatkan AC Panasonic CS-J28FFP8, pastikan perangkat tersebut diletakkan di salah satu sisi ruangan. Harganya yang terjangkau pun membuatnya dicari pengelola acara karena tak perlu mengalokasikan dana besar untuk instalasi maupun pemeliharaannya.

  1. Jangkauan pendinginan lebih luas

Dengan harga yang lebih ekonomis, apakah ada penurunan standar yang dilakukan produsen terhadap AC Panasonic CS-J28FFP8? Kabar baiknya, perangkat elektronik ini justru mampu mendinginkan atau menyejukkan dengan jangkauan yang lebih luas. Maka dari itu, banyak pihak yang memakai AC standing di ruangan-ruangan besar.

Keunggulan ini tidak terlepas dari fitur-fiturnya yang memungkinkan Anda mengatur temperatur sesuai kebutuhan. Jadi, AC standing dapat mengalirkan suhu udara natural yang membuat orang-orang nyaman beraktivitas.

  1. Kemudahan pemindahan dan perawatan

Perawatan AC Panasonic CS-J28FFP8 adalah poin lainnya yang membuat perangkat ini lebih unggul. Pasalnya, Anda dapat membersihkan sendiri tangki dalam perangkat yang berperan sebagai penampung air untuk menghasilkan udara dingin. Pemeliharaan rutin terhadap komponen-komponen AC standing akan membuatnya awet.

Kemudahan dalam pemindahan adalah keunggulan paling jelas yang membuat AC standing diincar konsumen yang tak mau memusingkan instalasi. Bahkan ada perusahaan yang memasangkan roda untuk memudahkan prosesnya.

Membeli AC Panasonic CS-J28FFP8 di toko terpercaya

AC Panasonic CS-J28FFP8 dapat Anda pesan secara online di marketplace maupun e-commerce ternama. Apalagi Panasonic termasuk perusahaan elektronik ternama di Indonesia. Kalau Anda butuh rekomendasi, Selka.id dapat jadi tujuan untuk membeli AC Panasonic CS-J28FFP8 dengan harga bersahabat. 

Anda dapat mengakses Selka.id di website-nya langsung atau berkunjung ke toko yang dibuka di Tokopedia. Walau belum terlalu banyak testimoni yang masuk, reputasi Selka.id sebagai toko alat elektronik sudah tak perlu diragukan lagi. Di Tokopedia, Selka.id sudah mendapatkan tiga bintang dengan label Official Store. Jadi, Anda tak perlu lagi meragukan kualitasnya.

Sudah mantap membeli AC Panasonic CS-J28FFP8 dari Selka.id? Silakan kunjungi laman yang mereka kelola di Tokopedia dengan mengunjungi tautan ini: https://www.tokopedia.com/selka-id/ac-panasonic-cs-j28ffp8-3-phase-3-pk-ac-floor-standing?whid=0.  

Related Posts