Promosi Jualan Lewat Facebook

jualan-di-facebookBelakangan, di Facebook, saya sering di-tag pada gambar-gambar yang sama sekali bukan wajah saya. Ada gambar baju bayi, gaun, batik, perhiasan, dan banyak lagi.

Geram?

Awal-awalnya ya. Lah wong bukan wajah saya kok di-tag? Tapi, lama-kelamaan saya maklumi saja.

Ternyata foto-foto itu adalah barang jualan teman-teman saya. Mereka ingin menarik perhatian saya dengan men-tag saya di produk-produk yang mereka jual. Semacam sebuah promo begitu.

Tapi, apakah itu etis?

Jujur, saya merasa itu agak kurang etis. Karena, agak mengganggu.

Walau pada akhirnya yang saya lakukan adalah me-remove tag tersebut, tetap saya merasa kurang nyaman. Hanya saja, saya tak pernah mengatakan itu kepada mereka. Semestinya, dengan saya me-remove tag tersebut, mereka sudah tahu bahwa saya tidak terlalu suka.

Ada cara yang lebih baik dalam mempromosikan barang-barang yang kita jual di Facebook.

Caranya:

  • Klik box untuk menuliskan status.
  • Klik icon link, masukkan URL gambar barang yang kita jual — biasanya jika promo di Facebook, orang berjualan secara online kan?
  • Di box status, beri penjelasan sedikit tentang gambar tersebut.
  • Klik icon share.

Dengan begitu, foto yang ada akan masuk ke halaman home FB teman-teman kamu tanpa harus membuat mereka kesal.

Mau mencoba promosi damai lewat Facebook satu ini?

;)

16 Comments

  1. Wah itu kelewatan banged kalo men-tag setiap teman ke produk jualan kita. Mungkin harus disaring lagi ya teman-teman yg memang teman kita daripada teman gak jelas yg cuma jadi spam.

  2. aku belum pernah mengalaminya. tapi kalo terjadi seperti itu mungkin aku akan meremove mereka dari daftar teman, supaya mereka mengerti bahwa kita menjadi terganggu.

  3. @ zee: masalahnya, kadang yang men-tag adalah teman yang jelas2 memang teman kita…

    @ noe: bisa juga begitu…

    @ omiyan: :D bersyukurlah, Omiyan…

  4. Betul. Setuju banget. Tag-tag seperti itu menggangu sekali. Seperti false advertising menurut saya sih.

    Salam kenal ya :)

  5. he3 memang agak kurang etis saya rasa, tapi itu sepertinya satu2nya solusi bagi owner online shop, soalnya kalau tulis di status/wall seperti yang anda sarankan saya sudah coba n hasilnya kena banned selama 3 hari ++
    untung account saya masih bisa di selamatkan setelah memohon pada admin
    sekarang terpaksa saya pakai tag demi berpromosi…. maaf yah kalau menggangu ^_^ demi sesuap nasi
    cari kaos satuan http://www.yysablondigital.com aja

  6. klo aku sih it’s ok klo di tag2 yg kea gtuan.toh trkdg byk jg brg2 yg bgus yg gk bisa kita beli,tp kita bisa beli lwt fb.keanya justru meremove mrk,itu yg namanya gk EEEETTTIIIISSSSSSSSS!!!!!!!!

  7. Saya rasa kurang etis juga sih. Saya juga sering dapat masukan dari teman-teman bwt men tag seperti itu. Cuma saya pikir kok jadinya mengganggu y.. Takutnya malah mereka udah g seneng duluan sama kita.

  8. saya juga merasa terganggu dengan adanya TAG. saya mencoba solusi yang lain yaitu marketplace, tapi ternyata tidak ada yang melirik apalagi melihat. sementara saya tidak mau pake tag, karena saya tidak ingin orang lain terganggu, karena saya sendiri terganggu sekali. saya akan terus cari info yang lebih baik dari TAG.

  9. mas yandy : mas kena banned krn nulis distatus/wall utk promosi gt alasan admin nya apa ya mas..

    krn sy sebelumnya jg promosi lewat tag trus dirasa jg kurang etis n mengganggu..tp jd takut nih promosi di box status ntar bs kena banned..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>