Tips Berjualan Online

Setelah sebelumnya saya membahas tentang Tips Pintar Belanja Online, sekarang saya ingin membahas tentang Berjualan Online.

Kenapa? Karena, belum lama ini saya sempat kecewa dengan seseorang kenalan saya di dunia maya yang ingkar janji dalam menjual. Saya sudah membayar, tapi hingga kini saya tak juga menerima barangnya.

Beberapa hari yang lalu, saya membahas hal ini dengan seorang sahabat yang berjualan online. Pelanggannya banyak dan toko online-nya, meski hanya dijalankan dari layanan blog gratis (bukan webiste tersendiri dengan hosting yang harus ia bayar), mendapat pujian dari para pelanggan.

Apa rahasianya?

  • Ia jujur. Jika ia tak sanggup mengirimkan barang yang telah dipesan pada waktu yang ditentukan, ia mengirimkan pesan baik melalui PM, e-mail, ataupun SMS kepada pelanggan.
  • Ia menampilkan foto barang yang benar-benar ingin dijualnya, bukan barang serupa yang lebih baik tampilannya. Jika barang memang tidak dalam keadaan 100%, ia pun menjelaskan dengan jujur.
  • Ia menampilkan harga di sebelah barang tersebut. Ia tak suka menyembunyikan harga dan baru memberitahukannya kemudian.
  • Ia membina hubungan baik dengan pelanggan. Ia tak menganggap mereka sebagai orang yang membeli darinya, melainkan sebagai teman. Ia memberi ucapan selamat yang tulus saat mereka berulang tahun, mendo’akan saat mereka sedang kurang sehat, dan turut bahagia saat mereka bahagia.
  • Ia mudah dihubungi. Ia memberikan nomor HP (yang memang ia sediakan khusus untuk menjalankan bisnis di dunia maya-nya), alamat e-mail, dan YM ID.
  • Ia tak pernah promosi dengan cara spam, menampilkan link ke halaman blog jualannya di blog orang lain, ataupun memberikan komentar yang tidak berhubungan dengan postingan seorang blogger di blog mereka hanya karena ia ingin berpromosi.

Dengan menerapkan cara di atas, sahabat saya itu mendapat feedback yang sangat baik dari para pelanggan. Bahkan, tak sedikit yang memberikan testimonial positif tanpa diminta. Pelanggannya juga memberitahukan kepada teman-teman mereka bahwa ada toko online yang ok punya.

Dalam dunia maya, meski segalanya bergerak dengan cepat, ternyata tak jauh beda dengan apa yang terjadi di dunia nyata, tak ada yang instan. Semua harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Terkadang ada pula yang menganggap bahwa berjualan di dunia online bisa disambil. Sambil kerja, sambil mengerjakan hal lain. Bisa jadi. Tapi, tentu hasilnya tak sebesar jika dilakukan dengan total dan fokus.

Awalnya, sahabat saya berjualan di dunia maya sebagai iseng-iseng. Tapi, lama-kelamaan ia melihat peluang yang besar dan ia bersungguh-sungguh.

Dan, ternyata, sekarang ia bahkan sudah bisa membayar keponakannya untuk kerja part-time di toko online-nya tersebut untuk mengatur pengiriman barang. Ia juga punya kurir sendiri untuk pengiriman dalam kota.

Mau sukses berjualan online? Coba deh ikuti jejak sahabat saya itu.

12 Comments

  1. Bagus tipsnya, bisa dicoba karena saya masih baru dan masih mencari cara untuk mempromosikan toko online saya. Mampir yah kalau sempat. Makacih

  2. Thx buat tipsny…
    Sy jg sudah berusaha jalanin smua itu, Alhamdulillah hasilnya cukup membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Walau belum fokus tp sudah cukup deh, bisa gaji karyawan juga. Soalnya ninggalin kerjaan sbg karyawan sangat berat utk sy lakukan..

    Ditggu tips2 selanjutnya..

  3. hehe, bagus gan, ane dri kmren2 dropship.. bru skrang jualan langsung, hehe
    lgi nyari2 tips2nya,, hehe

    klo kya gni brsifat sfat ya,, ane lgi nyari strategi, hehe

    klo cra diatas emg bgus gan, biar pmbeli ga sbnyak cara curang, tapi ketauan PUAS semua pembeli kita :)

    nice share ni gan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>